Baru 2 Hari, Satu Rumah Sakit Khusus Penderita Virus Corona, Sudah Dibuka!



Baru 2 hari, satu rumah sakit khusus penderita virus Corona, sudah dibuka - Awalnya RS dengan fasilitas 1000 tempat tidur itu, diprediksi selesai dalam seminggu. Seminggu itu saja sudah gila, apalagi ini selesai 2 hari saja.

Apa yang bisa kita pelajari disini ?

China, negara dengan satu partai itu, fokus dalam menghadapi masalah. Keunggulan mereka dengan satu partai saja, tidak ada partai dan politisi lain yang sibuk merecoki dengan pernyataan-pernyataan yang meragukan.

Ketika ada masalah besar, pemerintah pusat langsung turun bersama relawan. Mereka berjibaku, menunjukkan pada dunia jika mereka mampu. Dan apa yang mereka lakukan, betul-betul bikin mata terbelalak. Amerika pun, sebagai musuh dagang utama mereka, langsung segan.

Coba misalnya kita yang kena musibah virus seperti di China..

Pertama, kita sibuk berdebat di media sosial. Netijen +62 saling serang. Gubernurnya sibuk dgn kata2 indah membedakan antara naturalisasi dan normalisasi, tapi kerjanya ga ada. Lalu sibuk menyalahkan pemerintah pusat.

Kemudian, ada ulama yang berdoa bahwa ini azab. Lalu naik kuda dan memanah sebagai persiapan perang melawan virus. Trus ada relawan dengan seragam yang lebih sibuk foto2 buat instagram. Foto2 hoax jangan lupa sebagai penutup sarapan.

Semua dipolitisasi, karena bagi kita semua adalah politik. Sedangkan di China, politik urusan pemerintah. Warga lebih fokus pada pengembangan ekonominya.

"Belajarlah sampai ke negeri China.." begitu konon kata hadis. Tapi ada sebagian yang tidak mau belajar kesana, karena katanya "Masak mau belajar sama komunis ?"

Begitulah, kampret yang budiman. Seruput dulu biar pikiran terang