Kamus Besar Bahasa Dota 2, Istilah - istilah dalam game DotA 2 yang Sebaiknya Diketahui Oleh Para Player!



Kamus Besar Bahasa Dota 2, Istilah - istilah dalam game DotA 2 yang Sebaiknya Diketahui Oleh Para Player! - Dota 2 merupakan game moba terbesar dengan pemain yang terbanyak yang tersebar diseluruh dunia. Bagi kamu yang main ML, berarti kamu merupakan ras terlemah di dunia! Nah buat kamu yang sudah main dota 2 atau yang baru main mending baca deh istilah-istilah yang sering dipake sama player-player dota 2 yang udah lama main jadi gak diketawain nanti. Nah apa saja itu? Ini dia!

# (Angka)
322 – Istilah untuk menyebut permainan buruk dari seorang pemain yang seolah-olah dengan sengaja membuat timnya kalah. Dipopulerkan oleh pemain profesional Alexei “Solo” Berezin yang pernah bertaruh untuk mendapatkan US$322 bila timnya kalah.

A
Ability – Kemampuan khusus yang dimiliki oleh masing-masing hero. Biasanya membutuhkan mana untuk bisa digunakan. Dikenal juga dengan istilah spell.
AFK (Away from Keyboard) – Keadaan saat pemain tidak lagi berada di depan layar untuk bermain, dan hero yang ia kendalikan tampak berdiri diam tanpa memberikan respons.
Aggro – Kondisi ketika kamu menjadi target unit maupun tower lawan saat masuk ke jangkauan serang mereka.
Aghs – Singkatan untuk item Aghanim’s Scepter.
Ako tra mid – Ucapan yang biasa digunakan pemain Filipina untuk memberitahu anggota tim bahwa ia ingin bermain di mid lane.
Ancient/Throne – Bangunan besar yang ada di pusat markas. Menghancurkan ancient lawan adalah syarat untuk memenangkan pertandingan.
Ancient creep – Neutral creep yang lebih kuat dari creep hutan biasa, tapi memberikan Gold yang lebih besar.
AoE (Area of Effect) – Efek dari ability milik hero yang mencakup suatu wilayah dan dapat mengenai beberapa target sekaligus.
ASPD/AS (Attack Speed) – Banyaknya jumlah serangan yang bisa dilakukan unit dalam waktu tertentu. Attack Speed bisa dipengaruhi oleh item, agility, atau aura.
Assist – Aksi membantu hero kawan dengan memberikan damageataupun efek yang menguntungkan ketika membunuh hero musuh.
Aura – Efek yang memberikan kekuatan lebih ke hero yang kamu gunakan dan semua unit yang ada di sekitarnya.
Auto attack – Serangan dasar otomatis yang dilancarkan hero saat unit musuh memasuki jangkauan serangnya.

B
B – Singkatan dari back atau mundur ke posisi yang lebih aman, biasanya digunakan ketika berkomunikasi dengan rekan melalui teks. Kadang juga bisa diartikan kembali ke base.
Backdoor – Menyelinap ke area markas musuh untuk menghancurkan bangunan tanpa bantuan dari creep.
Backdoor Protection – Kemampuan bangunan melakukan heal dalam jumlah banyak jika ada hero yang menyerangnya tanpa didampingi oleh creep. Kemampuan ini akan hilang jika ada creep lawan di dekat bangunan tersebut. Khusus untuk bangunan di dalam base, kemampuan ini akan hilang jika ada creep lawan yang masuk ke dalam area base, meskipun berada di lane berbeda. Tower tier 1 tidak memiliki Backdoor Protection.
Balance – Keseimbangan dalam sebuah game, dalam artian tidak ada aspek yang terlalu kuat dan dieksploitasi, dan tidak ada yang terlalu lemah.
Barrack – Bangungan dalam base di belakang tower tier 3 yang perlu dihancurkan untuk mendapatkan super creep dan mega creep di timmu. Masing-masing lane punya dua barrack, yaitu melee barrack dan ranged barrack, dan baru bisa diserang/dihancurkan jika lawan menghancurkan tower tier 3 di lane tersebut.
Base – Markas masing-masing tim. Base mencakup area dari tower tier 3 sampai fountain.
Bash – Efek serangan yang menyebabkan unit lawan terkena stun.
Bobo – Ucapan yang sering digunakan pemain Filipina untuk menghina kebodohan pemain lain.
Body Blocking – Menghalangi gerakan lawan dengan cara meletakkan unit atau hero tepat di hadapannya.
Break – Kemampuan menghilangkan ability pasif milik hero musuh.
Buff – Efek positif, seperti kekebalan sementara, peningkatan kecepatan serang, dan lainnya, yang didapatkan para hero.
Build – Kombinasi dari item dan ability milik hero dalam suatu pertempuran.
Buyback – Mengeluarkan sejumlah Gold agar hero yang telah mati dapat segera respawn tanpa harus menunggu beberapa saat.

C
Cancel – Pembatalan suatu aksi, entah disengaja, tidak sengaja, atau dihentikan oleh musuh.
Carry – Peran dalam suatu tim yang bertugas untuk memberikan banyak damage pada tim lawan. Biasanya lemah di awal namun kuat di akhir.
Commit – Keputusan untuk melakukan tindakan berisiko besar, misalnya melakukan push ke base musuh dengan risiko terbunuh lawan.
Consumable – Item yang bisa digunakan secara aktif dalam jumlah terbatas, misalnya untuk menambah health atau mana. Ketika jumlah penggunaan habis, item tersebut akan hilang atau tidak bisa digunakan sebelum diisi ulang.
Cooldown – Waktu yang diperlukan agar suatu ability dapat dipergunakan kembali.
Core – Hero yang memiliki prioritas untuk mengambil lebih banyak farm.
Creep Blocking – Menghalangi pergerakan creep kawan dengan karaktermu sehingga mereka berjalan lebih lambat. Tujuannya adalah membuat titik temu dengan creep lawan lebih mendekati tower kawan.
Creep Pulling – Menarik neutral creep dari hutan dengan cara membuatnya mengejar karaktermu sampai ke lane, sehingga creepkawan akan menyerang neutral creep. Memiliki tujuan yang sama dengan creep blocking.
Creep Skipping – Membunuh creep musuh saat mereka belum berhadapan dengan creep kawan, atau membunuh gerombolan creep musuh di belakang walaupun kelompok yang ada di depannya masih hidup.
Creep Stacking – Menumpuk jumlah neutral creep di neutral camp dengan cara memancingnya pergi di saat yang tepat, sehingga neutral creep baru akan muncul walaupun kelompok sebelumnya belum mati.
Creeping – Istilah yang digunakan beberapa pemain Indonesia untuk farming di lane dengan mengambil sebanyak mungkin last hit pada creep lawan.
Creep Score (CS) – Total last hit dan deny yang kamu peroleh sepanjang pertandingan.
Crit – Singkatan dari critical.
Crowd Control (CC)/Disable – Skill atau item yang bisa mengendalikan, mengurangi, atau membatasi kemampuan lawan dalam bertindak. Beberapa jenis disable yang lazim digunakan antara lain:
Banish – Membuat lawan menghilang selama beberapa saat sehingga tidak bisa melakukan apa-apa, tapi di saat yang sama juga tidak bisa diserang.
Blind – Membuat lawan berpeluang untuk meleset ketika menyerang.
Break – Menonaktifkan skill pasif lawan selama beberapa saat.
Cyclone – Mirip dengan stun, membuat lawan tidak bisa bergerak maupun menggunakan item dan skill selama beberapa saat. Lawan juga akan terangkat ke atas udara dan tidak bisa diserang sama sekali.
Disarm – Membuat lawan tidak bisa menyerang, tapi tetap bisa melakukan tindakan yang lain.
Ethereal – Membuat lawan tidak bisa menyerang, tapi juga tidak bisa diserang. Biasanya efek ini juga membuat lawan lemah terhadap magic dan mendapat slow.
Hex – Mengubah lawan menjadi hewan kecil (babi, ikan, ayam, atau katak), membuatnya tidak bisa menyerang, menggunakan spell maupun item, dan bergerak sangat lambat, tapi masih bisa mengaktifkan skill/ability pasif.
Mute – Membuat lawan tidak bisa menggunakan item aktif seperti Abyssal Blade atau Mekansm.
Root – Membuat lawan tidak bisa bergerak dan menggunakan beberapa skill mobilitas seperti teleport dan blink. Tapi lawan tetap bisa membalik badan dan menggunakan spell atau item.
Silence – Membuat lawan tidak bisa menggunakan spell selama beberapa saat.
Sleep – Mirip dengan stun, membuat lawan tidak bisa bergerak atau menggunakan item dan skill selama beberapa saat. Tapi efeknya akan hilang jika unit yang terkena sleep menerima damage atau diserang.
Slow – Memperlambat gerakan dan/atau serangan lawan selama beberapa saat.
Stun – Membuat lawan tidak bisa bergerak atau menggunakan itemdan skill selama beberapa saat.
Cyka blyat – Makian yang biasa digunakan oleh pemain asal Rusia.

D
Damage Reduction – Efek yang menurunkan damage serangan dari hero lawan. Damage reduction memiliki perhitungan yang berbeda dengan penurunan damage dari armor atau magic resistance.
DD (Double Damage) – Salah satu rune di sungai yang efeknya meningkatkan damage dua kali lipat.
Debuff – Menghilangkan efek positif yang dimiliki lawan, atau memberinya efek negatif sehingga menguntungkan tim kamu.
Def – Singkatan dari defend atau defense. Biasa diucapkan untuk menyuruh kawan bartahan di dekat tower atau base.
Deny – Membunuh sendiri creep kawan agar musuh tidak memperoleh Gold dan hanya mendapatkan setengah poin EXP.
Deward – Proses menemukan ward milik tim musuh dan memusnahkannya.
Die Back – Kondisi saat hero yang hidup kembali setelah melakukan Buyback terbunuh tidak lama kemudian.
Dispel – Menghilangkan efek positif maupun negatif yang dimiliki hero.
Dive – Aksi bergerak menyerang hingga ke dalam jangkauan serang tower lawan.
DOT (Damage Over Time) – Efek damage yang diberikan kepada hero secara berkala selama beberapa saat (tidak instan).
DPS (Damage per Second) – Total damage yang dihasilkan oleh hero tiap detiknya. Istilah DPS biasanya mengacu pada serangan dasar (auto attack).

E
Easy Lane/Safelane/Short Lane –  Salah satu lane dalam arena Dota 2 yang paling aman dan mudah untuk melakukan farming. Posisi tower kawan dalam Easy Lane terletak dekat dengan titik temu creep, sehingga memudahkan hero kamu untuk segera mundur dan menghindari serangan lawan. Letak Easy Lane untuk faksi Radiant adalah lane paling bawah, sedangkan untuk faksi Dire berada di lane paling atas.

F
Farming – Kegiatan mengumpulkan uang dan menghindari kontak dengan tim lawan dengan tujuan untuk membeli item.
Fog of War – Kabut dalam arena pertempuran yang membuat pemain tidak bisa melihat kondisi wilayah, kecuali dengan berjalan mendekat atau menaruh ward.
Fountain – Daerah dalam markas di mana hero respawn setelah mati dan mendapatkan percepatan pemulihan HP maupun mana.

G
G – Singkatan dari go. Merupakan aba-aba untuk menyerang.
Gago – Memiliki arti serupa dengan kata bobo.
Gank – Mengepung satu atau beberapa hero lawan dengan rekan-rekan setim yang berjumlah lebih banyak.
GGWP (Good Game, Well Played) – Istilah yang sering diucapkan saat permainan telah selesai untuk memuji permainan yang telah berlangsung, atau untuk mengejek ketika musuh melakukan kesalahan yang menguntungkan tim kamu.
Glass Cannon – Istilah untuk menyebut hero yang memiliki kemampuan menghasilkan damage besar layaknya meriam, tetapi rapuh seperti kaca. Kondisi ini biasanya diperoleh dari fokus membeli item untuk memperkuat serangan tanpa memikirkan pertahanan.

H
Haste – Buff dari rune dimana kamu akan punya movement speedsampai 522 selama beberapa detik.
Harass – Memberikan damage ke hero musuh tanpa memberikan kesempatan lawan untuk membalas. Biasanya harass dilakukan dengan tipe serangan jarak jauh.
Hard Lane/Offlane/Suicide Lane – Lane dalam arena Dota 2 yang paling sulit untuk melakukan farming. Posisi tower kawan dalam Hard Lane terletak jauh dari titik temu creep, sehingga menyulitkan hero kamu untuk segera mundur dan menghindari serangan lawan. Letak Hard Lane untuk faksi Radiant adalah lane paling bawah atas, sedangkan untuk faksi Dire berada di lane paling atas bawah.
Heal – Mengembalikan health yang berkurang.
Health/Hit Point/HP – Darah atau daya tahanmu. Hero yang kamu gunakan mati jika memiliki 0 health.
Hero – Unit yang kamu kendalikan sepanjang permainan.
High Ground – Daratan yang lebih tinggi dibanding area sekitarnya. Unit di high ground tidak akan terlihat kalau kamu berada di daratan yang lebih rendah.

I
Imba/Imbalance – Kekuatan hero yang dinilai tidak seimbang (relatif lebih kuat) dibandingkan hero lainnya.
Instalock – Kejadian saat pemilihan hero di mana pemain langsung memilih salah satu hero secara cepat atau instan.
Introboyz – Ejekan bagi tim yang unggul di awal namun ternyata kalah di akhir permainan.
Illu – Singkatan dari illusion, atau ilusi dari hero.
Initiation – Tindakan untuk memulai teamfight.
Invis – Singkatan dari invisible atau invisibility alias tidak kelihatan tanpa menggunakan True Sight.

J
Juking – Menghindar sambil bergerak secara terampil untuk menghindari skillshot atau kejaran lawan.
Jungle – Hutan di antara tempat di mana neutral creep tinggal.
Jungling – Aktivitas berkelana di dalam jungle untuk membunuh neutral creep demi mendapatkan Gold maupun EXP.

K
KDA (Kill/Death/Assist Ratio) – Rasio yang didapatkan hero ketika membunuh hero musuh, tewas dalam pertempuran, dan membantu hero kawan membunuh musuh.
Kill Steal – Tindakan mencuri last hit dari sesama rekan setim untuk mengambil Gold.
Kite – Gerakan menjauh dari unit atau hero lawan sambil terus memberikan damage kepadanya.

L
Lane – Jalur di mana creep berjalan menuju markas musuh dan tempat tower berjajar.
Lane Creep – Creep yang berjalan di lane mengarah ke base lawan. Lane creep adalah salah satu sumber Gold utamamu sepanjang permainan. Ada tiga jenis lane creep, yaitu:
Ranged Creep – Creep jarak jauh yang berada di belakang. Muncul sebanyak satu di tiap lane di awal pertandingan.
Melee Creep – Creep jarak dekat yang berada di depan. Muncul sebanyak tiga di tiap lane di awal pertandingan.
Siege Creep – Creep berbentuk mesin pelontar yang muncul sebanyak satu di tiap lane setiap tiga menit.
Last Hit – Memberikan damage terakhir sehingga musuh tersebut terbunuh.
M
Magic Immunity – Kekebalan terhadap skill lawan yang berbasis pada magic.
Magic Resistance – Atribut dari beberapa hero yang mengurangi jumlah magic damage dari ability hero musuh.
Mana – Energi yang dimiliki masing-masing hero untuk mengeluarkan ability.
Mana Burn – Efek negatif yang mengakibatkan mana milik hero musuh terkikis sambil menimbulkan damage sedikit demi sedikit.
Map Awareness – Kemampuan untuk waspada terhadap pergerakan musuh secara keseluruhan di arena pertempuran dengan senantiasa memperhatikan mini map.
Melee – Tipe hero yang memiliki serangan dasar jarak dekat sehingga harus berdiri berdampingan untuk memberikan damage.
Meta – Keadaan dan keseimbangan antar hero yang dibuat oleh developer game.
Miss/Missing – Keberadaan hero musuh di suatu lane tidak dapat terlihat. Kemungkinan mereka sedang berkumpul di tempat lain dan sesama tim sebaiknya waspada.
MMR (Matchmaking Rating) – Rating yang dihitung berdasarkan jumlah permainan yang dimainkan sejauh ini oleh pemain, beserta jumlah kemenangan dan kekalahannya.

N
NC – Singkatan dari neutral creep. Kadang juga digunakan untuk mengatakan bahwa seorang pemain akan bermain sebagai jungler atau farming di hutan (misalnya “I NC”).
nc – Singkatan untuk kata nice, biasanya digunakan untuk memuji kawan bila mereka melakukan permainan bagus (misal “nc one”).
Neutral Camp – Tempat neutral creep tinggal dan berdiam sampai ada yang menyerangnya.
Neutral Creep – Creep yang ada di dalam hutan. Disebut neutral sebab creep tipe ini tidak akan menyerang kecuali kamu serang lebih dulu.
Noob – Sebutan untuk pemain pemula yang baru bermain. Biasanya digunakan untuk mengejek.
Nuke – Ability hero yang bisa menghasilkan banyak damage dalam satu serangan saja.

O
OM – Singkatan dari only mid. Biasa diucapkan pemain Filipina untuk memerintahkan semua kawan menyerang mid lane.
OP (Over Powered) – Kekuatan hero atau kombinasi item yang dianggap terlalu kuat sehingga sulit untuk dihadapi.
Orb Walking – Menyerang hero musuh tanpa menarik perhatian creepmaupun tower lawan. Taktik ini dilakukan dengan memanfaatkan efek Unique Attack Modifier yang dimiliki hero.
Overextend – Bergerak terlalu dalam ke garis pertahanan lawan sehingga rentan untuk terbunuh.

P
PGG – Sebutan untuk blunder yang dilakukan oleh pengguna Enigma saat gagal menjebak hero musuh menggunakan ability Black Hole. Sebutan ini muncul dari blunder pemain profesional Vladimir “PGG” Anosov yang sering kali gagal menjebak musuh dengan Black Hole.
Poke – Mencicil damage kepada musuh sedikit-sedikit tanpa maksud untuk mengejarnya hingga terbunuh.
Pulling – Menarik neutral creep ke lokasi lain sampai ke lane. Tujuannya agar creep yang ada di lane menyerang creep hutan tersebut.
Pure Damage – Tipe damage yang tidak terpengaruh oleh armormaupun pertahanan lain yang dimiliki hero lawan. Damage yang dihasilkan akan selalu sama.
Purge – Kemampuan yang membuat hero lawan bergerak sangat lambat, plus memberi efek dispel.
Push – Menyerang untuk memukul mundur unit maupun hero lawan dan menghancurkan tower musuh.
Putang ina mo/tangina mo – Ucapan memaki yang biasa digunakan oleh pemain Filipina.

R
Rage Quit – Tindakan keluar dari permainan secara tiba-tiba karena terlalu kesal terhadap suatu hal di dalam game.
Ranged – Tipe hero dengan serangan dasar yang dapat dilakukan dari jarak jauh.
Rat/Split Push – Sebuah gerakan atau strategi melakukan pushingketika tim lawan fokus melakukan hal yang lain atau berada di posisi yang terlalu jauh. Tujuannya memaksa tim lawan memilih antara membiarkanmu menghancurkan bangunan lawan atau kembali untuk mencegahnya. Contohnya bisa kamu lihat di cara Alliance bermain di video di atas.
Rekt – Bahasa gaul dari kata wrecked. Kondisi tim yang porak-poranda karena kalah perang.
Reliable Gold – Sejumlah Gold yang didapatkan ketika membunuh/menghancurkan objek dalam game, antara lain hero musuh, Roshan, tower, dan kurir. Selain itu, Reliable Gold juga dapat diperoleh lewat ability Transmute dari item Hand of Midas, serta abilityTrack milik Bounty Hunter. Reliable Gold tidak akan hilang ketika hero kamu tewas.
Respawn – Momen saat hero yang telah mati di medan pertempuran hidup kembali.
River – Sungai.
Role – Peran sebuah hero dalam pertandingan. Terdapat lima jenis roleumum dalam Dota 2, yaitu Hard Carry, Mid/Semi Carry, Offlaner, Roaming Support/Jungler, dan Hard Support.
Roshan – Creep super besar yang ada di area sungai dekat lane bawah. Membunuh Roshan akan memberikanmu Aegis dan Cheese. Tapi membunuhnya tidak segampang itu.
Aegis – Item yang dijatuhkan oleh Roshan ketika kamu membunuhnya. Siapapun yang mengambilnya bisa hidup kembali di tempat ia mati. Nama lengkapnya adalah Aegis of the Immortal.
Cheese – Item yang dijatuhkan oleh Roshan ketika kamu membunuhnya untuk ketiga kali. Menggunakan item ini memberikan 100% health dan 100% mana langsung.
Rs – Singkatan untuk Roshan.
Rune/Power Up (PU) – Benda yang ada di sungai dan bisa memberikan efek positif ke hero yang kamu gunakan ketika diambil.

S
Scan – Fitur dalam game yang memberimu informasi apakah hero lawan berada di area yang kamu pilih.
Skillshot – Tipe ability yang memerlukan akurasi tinggi dari pemain agar dapat mengenai target yang diinginkan. Contohnya Meat Hook milik Pudge atau Sacred Arrow milik Mirana.
Smoke of Deceit (SoD) – Item yang bisa kamu gunakan untuk menghilang bersama para anggota tim. Efek menghilang hanya berlaku apabila tidak ada musuh di sekitarmu.
Smoke – Ucapan yang biasa digunakan untuk mengajak tim melakukan gank dengan Smoke of Deceit.
Space – Ruang gerak bagi hero untuk melakukan sesuatu dengan bebas, biasanya farming. Misalkan di awal permainan kamu berhasil mengusir hero lawan dari lane. Itu membuat rekan timmu punya spaceuntuk farming.
Spawn Block – Memblokir spawn box neutral creep dengan cara menempatkan unit tertentu di dalamnya, misal hero, creep atau ward.
Spawn Box – Area berbentuk segi empat tempat munculnya neutral creep di hutan. Neutral creep umumnya muncul setiap satu menit sekali, namun mereka hanya akan muncul bila saat itu spawn box sedang kosong.
Spell Immunity – Kekebalan sementara terhadap beragam efek negatif maupun damage yang dapat diterima dari ability milik lawan.
SS – Singkatan untuk super skill atau special skill, istilah yang digunakan beberapa pemain Asia Tenggara untuk menyebut ultimate skill. Gosipnya, istilah ini muncul dari komunitas Gunbound.
Strat – Singkatan untuk strategi.
Strong Dispel – Kemampuan untuk menghilangkan lebih banyak status yang menjangkiti hero, bahkan status stun sekalipun.
Stun – Status ketika hero yang terkena tidak dapat berkutik sama sekali selama beberapa saat.
Support – Peran dalam suatu tim yang mendukung dan menjaga anggota tim lain agar bisa selamat.

T
Tank – Tipe hero yang memiliki health atau ketahanan tinggi sehingga lebih sulit dibunuh daripada hero lainnya.
Tanking – Kegiatan menerima damage dari musuh dengan sengaja untuk melindungi unit kawan.
Teamfight – Pertarungan antara tiga hero atau lebih dari masing-masing tim.
Teamwipe – Kondisi di mana semua hero dalam satu tim mati dalam waktu yang sama.
Throw – Melakukan hal yang membuat timmu kalah pertandingan, padahal sudah berada dalam posisi unggul dibanding tim lawan. Throwbisa dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja.
Tower – Menara pelindung yang menembak musuh yang berada dalam jarak tembak. Untuk bisa menghancurkan bangunan tertentu di lanemusuh, kamu harus menghancurkan semua tower di lane tersebut terlebih dahulu.
Tier 1/2/3/4 – Lapisan tower berdasarkan posisinya. Tier 1 adalah tower terluar di lane. Tier 2 adalah tower yang berada satu tingkat lebih dalam. Tier 3 adalah tower yang ada tepat di pintu masuk masing-masing lane. Sementara tier 4 adalah tower yang berada di dekat ancient/throne.
TP – Singkatan untuk Town Portal Scroll.
Tra/tara – Ucapan yang biasa digunakan pemain Filipina sebagai aba-aba menyerang.
True Sight – Kemampuan melihat objek di peta yang memiliki status invisible. True sight bisa didapat dari ability maupun item tertentu.
True Strike – Tipe serangan yang seratus persen dijamin akan mengenai hero musuh.

U
Ult/Ultimate – Ability pamungkas yang dimiliki oleh setiap hero. Biasanya memiliki kebutuhan mana yang tinggi, waktu cooldown lama, serta hanya bisa ditingkatkan di level 6, 11, dan 16.
Unique Attack Modifier (UAM) – Nama baru untuk istilah Orb Effect yang dulu ada di Warcraft III. UAM memberikan efek tambahan pada serangan normal seorang hero, seperti racun, pengurangan armor, lifesteal, dan sebagainya. UAM bisa didapat dari ability tertentu maupun item. Sebuah serangan tidak bisa memiliki lebih dari satu UAM pada saat yang bersamaan.

V
Vision – Area yang bisa kamu lihat di peta.
Day/Night Vision – Jarak pandang unit saat siang atau malam hari. Masing-masing unit memiliki day/night vision yang berbeda-beda.
Flying Vision – Kemampuan melihat suatu area secara keseluruhan, tanpa terhalang oleh objek di peta.
Vision Range – Jarak maksimum sebuah unit untuk memperoleh vision.

W
Warding – Memasang ward untuk mendapatkan vision di area tertentu.
WP (Well Played) – Pujian untuk pemain yang bermain bagus.

Z
Zoning – Tindakan untuk menjauhkan lawan dari area tertentu selama mungkin. Zoning biasanya dilakukan oleh hero support ke offlaner lawan agar tidak mendapatkan farm maupun experience dari creep di lane.

Creep score/CS: berarti last hit dan deny yang kita miliki
Feeder: berarti orang/pemain yang sering mati dan memberikan XP dan gold ke musuh
GLHF (good luck have fun): pernyataan untuk semoga beruntung
INC/incoming: segera datang
Minion: unit yang dapat kamu kontrol
Micromanagement/micro: kontrol banyak unit, contohnya Meepo dan Lone Druid
Snowball: istilah untuk tekanan pada tim musuh yang agresif
OOM (out of mana): berarti mana habis atau kurang
XP: berarti experiences
Gold: berarti emas/uang/alat untuk transaksi di dalam game
Gold per minute/GPM: gold yang anda dapat setiap menit
XP per minute/XPM: XP yang anda dapat setiap menit
GTFO: berarti dia tidak ingin orang yang diakatai berada disini
STFU: berarti dia ingin orang yang dikatai untuk diam
Retard: orang yang dianggap keterbelakangan
Report: berarti melaporkan seseorang ke valve untuk di ban
Lag/spike: berarti gangguan dalam koneksi atau fps yang membuat pemain bermain buruk
Ping: adalah berapa jauh anda dari server (semakin kecil semakin baik)
WTF: what the fu*k berarti orang itu terkejut atau bingung akan sesuatu (sambil marah)
fat: berarti suatu hero yang banyak farm/kill dan menjadi sangat kuat
Fail mid: berarti mid yang gagal di early dan membuat tim kalah
W8: bisa kita artikan sebagai wait atau tunggu
M8: berarti mate atau kawan

1.Backswing

Jumlah waktu animasi backswing unit akan bermain setelah selesai serangan atau spell. Dapat dibatalkan dengan menerbitkan perintah lain.

2.Buff Placer

Dapat menempatkan salah satu dari buff yang berbeda beberapa serangan, seperti Coruption atau swipes Fury. item tertentu dan kemampuan menggunakan buff placer pada serangan. Hanya satu buff placer akan berfungsi untuk menyerang .

3.Channel (Kemampuan Dasar)

Channel adalah skill yang tidak apa-apa dengan sendirinya, yang mengapa begitu fleksibel ketika menggunakannya bersama-sama dengan kode script, Channel adalah dasar skill yang banyak karena memungkinkan pembuat peta untuk memilih gaya yang berbeda dari penargetan dan pengaturan lainnya.

4.Channel (Bagian dari casting spell)

Channel mengacu pada periode waktu yang telah beberapa skill yang kastor tidak dapat melakukan tindakan lebih lanjut atau terganggu tanpa melanggar efek, kehilangan mana yang dihabiskan dan memulai cooldown skill.

5.Dummy

Ketika mengacu pada unit, unit dummy bisa menjadi kastor tak terlihat yang muncul pada peta, melakukan tindakan tertentu dan hancur atau unit yang hanya muncul untuk memberikan efek animasi tertentu atau kosmetik, di sisi lain kemampuan dummy atau keterampilan adalah kemampuan yang tidak melakukan apapun untuk berkontribusi pada efek skill, dapat berada di sana untuk grafis atau keperluan penargetan, contoh dari hal ini adalah Channel.

6.EHP (Effective Hit Points)

Jumlah kerusakan unit dapat mengambil tanpa meninggal sebelum semua pengurangan.

7.Frontswing/Damage Point/Attack Point

Jumlah satuan waktu mengambil dari ketika mulai serangan sampai ketika kerusakan atau meluncurkan proyektil diimbangan dengan IAS.

8.Hardcoded

Hal ini mengacu pada efek atau kemampuan yang telah dimodifikasi dari kemampuan III yang sudah ada sebelumnya Warcraft ke DOTA, itu dipicu sebaliknya.

9.Hidden

Pengaruh keterampilan yang membuat unit tidak terlihat dalam peta normal atau minimap, harus dicatat bahwa kecuali ditentukan lain unit akan tetap berada di titik di mana disembunyikan, itu tidak akan meninggalkan area peta.

10.Invulnerability

Sebuah unit yang memberikan kekebalan unit untuk segala macam kerusakan.

11.Locust

Sebuah keterampilan yang membuat unit kebal, untargetable dan ungroupable melalui memicu, ini adalah keterampilan yang digunakan dalam sebagian besar unit dumy, itu berasal dari keterampilan yang diberikan kepada unit dipanggil oleh mantra “Locust Swarm”.

12.Marker

Kemampuan yang pembuat peta menggunakan untuk membedakan unit reguler dengan unit dummy, keterampilan ini dengan sendirinya tidak melakukan apapun, tetapi menggunakan cek dipicu Anda dapat mendeteksi jika sebuah unit memiliki keterampilan atau yang tidak, mengeluarkannya dari kelompok unit yang akan terpengaruh oleh dipicu mantra.

13.Ministun

Jenis setrum yang berlangsung untuk jumlah yang sangat singkat seperti 0,1 detik. Biasanya digunakan untuk membagi kemampuan penyaluran.

14.Orb Efek

Salah satu efek khusus banyak yang menyerang dapat memiliki, seperti masukan atau Corupsion. item tertentu dan kemampuan memberikan efek bola kristal di serangan. Hanya satu efek orb akan berfungsi untuk menyerang masing-masing.

15.Pathing

Pathing keprihatinan cara di mana sebuah unit diperbolehkan untuk menggantikan di peta, itu juga mengacu pada cara di mana badan bergerak menemukan jalan di sekitar halangan.

16.PRD (Pseudorandom Distribution)

Distribusi bahwa “random” number generator yang digunakan untuk menghitung WC3 lebih “seimbang” persentase meyakinkan bahwa efek dari keterampilan kesempatan (Strike Kritis, Bash, Orb Lambat, Kulit Hardened, menghancurleburkan) akan cenderung kurang berhasil berbasis.

17.Proc / Procced

Kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan aktivasi keterampilan kesempatan, misalnya: “Setiap kali pusaran procs (Artinya bahwa efek pasif yang diaktifkan) Anda tidak akan memperlambat dengan Eye of Skadi (berkisar) dalam serangan itu”

18.Pseudo-Evasion/Triggered menyembuhkan

Efek dimana sebuah unit langsung sembuh secepat itu mengambil kerusakan, membuatnya tampak seolah-olah menghindari kerusakan sepenuhnya.

19.Targetability (Tipe Target)

Hal ini mengacu pada kemampuan unit untuk secara langsung mempengaruhi target atau unit lain dengan keterampilan, setiap unit memiliki “label” yang mempengaruhi targetability itu, label-label adalah jenis target.

20.Triggered

Ini mengacu pada suatu efek yang tidak diimplementasikan hanya menggunakan metode hardcoded, bukannya itu dibuat dengan bantuan dari bahasa scripting Warcraft III.

21.Triggered Movement

Pengaruh skill yang menggantikan unit tanpa itu benar-benar bergerak, mesin tidak mengenali pergerakan ini sebagai nyata sehingga proyektil akan mengikuti Anda
Iklan


Agi / Agility

Salah satu dari tiga atribut utama yang memberikan kecepatan serang dan gerak, serta armor untuk setiap hero. Hero agility yang membeli item dengan atribut yang sama (agi) mendapatkan bonus damage.

BD 

Instruksi untuk melakukan Backdoor.

Bot

Bisa berarti Bottom lane, AI (robot), atau inisial item Boots of Travel.

Burst Damage

Damage besar yang dihasilkan dalam waktu singkat.

Comeback

Situasi ketika tim sudah terlihat kalah dalam segi apapun namun berhasil melawan balik dan memenangkan permainan.

Creep

Prajurit/pasukan/monster yang terdiri dari Normal, Super, Mega dan Neutral creep.
Normal Creep - prajurit yang dikendalikan oleh AI (Artificial Intelligence) yang terus menyerang dan berjalan menuju markas lawan secara otomatis.
Super Creep - prajurit yang muncul apabila ada barrack yang hancur di jalur creep ini keluar. Prajurit ini lebih kuat dari normal creep.
Mega Creep - prajurit yang muncul apabila seluruh barrack telah hancur. Prajurit ini lebih kuat dari normal & super creep.
Neutral Creep - monster yang ada di hutan dan menetap di wilayah tertentu.

Damage

kerusakan yang ditimbulkan.

EZ / EZ Game

Easy Game yang berarti mendapatkan kemenangan dengan mudah.

INT / Intelligence

Salah satu dari tiga atribut utama yang menambah kekuatan magic, regen mana dan kapasitas mana setiap hero. Hero intelligence yang membeli item dengan atribut yang sama (int) mendapatkan bonus damage.

MS (Movement Speed)

Nilai kecepatan gerak pada suatu unit.

Nerf 

Melemahkan kemampuan hero/karakter.

Rax

Singkatan dari Barrack.

STR / Strength

Salah satu dari tiga atribut utama yang menambah kapasitas HP, regen HP dan magic resisten setiap hero. Hero strength yang membeli item dengan atribut yang sama (str) mendapatkan bonus damage.

Yolo
Maju sendiri, bertarung sendiri dan rela mati demi mendapatkan sebuah kill.

Pengertian dan Macam-Macam Role Dota 2

1. Official Role


Carry
Support
Disabler
Initiator
Lane Support
Jungler
Durable
Nuker
Pusher
Escape
2. Unofficial Role

Hard Carry
Semi Carry
Offlaner
Ganker
Roamer

Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Official Role

Carry : Hero yang sangat dibutuhkan disetiap game, memang lemah di early game, namun kuat dan sangat diandalkan di late game. Contohnya seperti Phantom Assassin, Juggernaut, Sven.
Support : Hero yang kuat di early game, namun lemah di late game. Tugas sebagai supportadalah membantu carry untuk bertarung. Contohnya seperti Crystal Maiden, Lion, Witch Doctor.
Disabler : Hero yang mempunyai skill untuk stunning, meng-silent. Contohnya seperti Magnus, Silencer, Elder Titan.
Lane Support : Hero yang bersedia menolong ke setiap lane. Contohnya seperti Phoenix, Dazzle.
Initiator :  Hero yang mempunyai skill untuk memulai suatu Teamfight. Contohnya seperti Sladar, Centaur Warrunner, Enigma.
Jungler : Hero yang mempunyai skill untuk farming di hutan, karena untuk mempercepat item di mid game. Contohnya seperti Legion Commander, Lifestealer, Enigma.
Durable : Umumnya pada hero strength, yang mempunyai skill menambah kebal atau kuat. Supaya menjadi tameng saat Teamfight. Contohnya seperti Dragon Knight, Axe, Centaur.
Nuker : Hero yang memiliki 2/3 Skill dengan damage besar. Contohnya seperti Bounty Hunter, Zeus, Nyx
Pusher : Hero dengan skill yang bertujuan untuk menghancurkan tower dengan mudah. Contohnya seperti Lycan, Lone Druid, Nature's Prophet
Escape :  Hero yang memiliki skill untuk kabur dengan mudah. Contohnya seperti Bounty Hunter, Riki, Mirana.

2. Unofficial Role

Hard Carry : Hero yang sangat lemah di early game dan sangat sangat butuhhhhh item :3
awalnya memang farm farm farm and farm. supaya dia dapat menjadi ganas di late game.
Contohnya seperti Alchemist.. emhh, jangan tanya kalo alche dikasih free farming di early game.
Semi Carry : Kalo hard carry sangat membutuhkan item, nahh.. Kalo Semi Carry membutuhkan level. Contohnya seperti Templar Assassin.
Ganker :  Hero yang memiliki skill untuk nge-gank dengan mudah. Contohnya seperti Mirana, Riki, Nyx.
Roamer :  Hero ini hampir sama seperti Lane Support, yang dimana bersedia membantu tim di setiap lane. Tapi ia harus selalu warding, mengontrol maps. Contohnya seperti Crystal Maiden, Jakiro.
Offlaner : Hero yang bertugas solo di area musuh (Hardlane) dan memiliki skill kabur. Tugasnya itu Mendapatkan level sebisa mungkin.
Gampang? ohh.. tidak, malahan ini adalah role yang paling sulit dikalangan para newbie. Karena besar kemungkinan malah ngefeeding musuh (Mati terus).
Contohnya seperti Phantom Assassin, Faceless Void.

Maksud role dengan angka 1 

Role 1 maksudnya Posisi pertama yang di prioritaskan dan di nomor satukan dalam mencari gold dan exp dan dalam tim diisi dengan Hero Carry. biaanya role ini ditemani oleh role 5 yang gunanya sebagai Pengasuh role 1. ya dari urutan angkanya angka lima adalah role yang paling terakhir di prioritaskan dan bertugas untuk mengasuh si nomor satu.

Maksud role dengan angka 2

Role 2 dimaksudkan untuk role Midlaner atau Semicarry role yang membutuhkan Exp dan Gold di nomor dua setelah Carry dan harus rela melindungi role nomor satu.

Maksud role dengan angka 3

Role 3 dimaksudkan untuk Offlaner role yang akan berada di hardlane sendiri biasanya role ini dimainkan menggunakan hero yang mudah kabur atau mempunyai kemampuan mempertahankan lane di lane yang berat. di prioritaskan nomor 3.

Maksud role dengan angka 4 

Role 4 dimaksudkan untuk Support yang dapat farming di jungle dan membeli item seperti ward ataupun dust bergantian dengan role 5. mempunyai Prioritas yang rendah yang biasanya harus mati demi kemenangan war.

Maksud role dengan angka 5

Role 5 dimaksudkan untuk Hard Support yang sangat miskin dalam last hit dan tidak boleh mengambil gold dari role 1. berada satu lane dengan role 1 tetapi berguna untuk menjaga carry tetap hidup dan mendapatkan gold dan exp dengan cepat yang artinya role ini adalah role yang paling miskin dalam gold dan exp karena harus memberikan semua hasil gold dan exp kepada role 1 yang merupakan prioritas utama.

Note:
Saya sadar sebenarnya masih banyak istilah dan mekanisme di dota yang tidak tercantum dan dijelaskan di postingan ini, misal seperti BKB (Black King Bar), RO (Refresher Orb), Naix/LS (Life Stealer), RV (Reverse Polarity), etc. Jadi misal ada dari kalian juga yang tau banyak jangan sungkan untuk menambahkannya di komentar. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Reference: idtechnisia, omdota, darkofelf, dota2gamepedia, kaskus, weakwings, indoesports, dota2allday