Mari Mengenal Secara Singkat Mengenai Game PES!





 Apa itu eFootball PES?


eFootball Pro Evolution Soccer (PES), di Jepang dikenal dengan nama World Soccer Winning Eleven (ワールドサッカーウイニングイレブン Wārudo Sakkā Uiningu Irebun) atau dahulunya cukup disebut Pro Evolution Soccer adalah seri permainan video sepak bola yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Konami. Permainan ini dirilis dalam berbagai platform. Pada mulanya, permainan video ini masih bersaudara dengan International Superstar Soccer yang dirilis lebih awal dan dirilis dalam dua versi berbeda: Pro Evolution Soccer untuk seluruh dunia dan Winning Eleven di Jepang. Seri tersebut telah mendapat banyak kritik dan sukses secara komersial.



Siapa pengembang Winning Eleven/eFootball PES?


Pengembangnya adalah Konami, dan Konami didirikan oleh Kagemasa Kozuki pada 21 Maret 1969




 Kapan dan dimana PES dirilis untuk pertama kalinya, dan kapan rilisan terkininya?


Game PES pertama kali di rilis di Jepang pada bulan 21 Juli 1995 dengan nama J-League Jikkyou atai dikenal dengan Winning Eleven.
Sedangkan rilisan terkininya yaitu pada tanggal 10 September 2019 dengan nama eFootbal PES 2020.




Mengapa ada huruf 'e' di Football PES?


Konami menjadikan seri PES ke e-Sport untuk para penikmat gamenya yaitu PES League sejak 2010 lalu, menampilkan mode individu (1v1) dan sejak 2018 telah menampilkan mode tim (3v3).



 Bagaimana perkembangan eFootball PES saat ini?


Menurut saya, eFootball PES sangat berkembang dengan begitu cepatnya, yakni para user/penggunanya sangat banyak sekali, membuat gameplay lebih realistis, selebrasi pemain tidak membosankan, pergerakan pemain tidak kaku, dan cara bermain yang tidak rumit (bagi saya). Tentunya banyak sekali kelebihan yang terdapat pada game console ini, yang tak dapat saya sebut satu-persatu.

Namun, dibalik kelebihan-kelebihan yang dimiliki PES ada juga masalah sekali yang sampai saat ini. Apa itu?

Yup, jawabannya adalah, Lisensi.

Berbicara mengenai lisensi, eFootball PES masih kalah jauh dengan pesaing beratnya, FIFA yang dikembangkan oleh EA Sports. Bahkan pada info terbaru dari Ofisial PES, mereka telah kehilangan lisensi AC Milan dan Inter Milan. Duh sayang banget ya, gengs!

Akibatnya, banyak player PES yang memakai patch agar tim favoritnya tetap ada dengan logo originalnya walau tak ada lisensi, dan Konami takkan memberi ampun kepada Player PES yang memakai patch kemungkinan akan kena banned.