39 REKOMENDASI ANIME TERBARU YANG SERU TAHUN 2020 WAJIB TONTON!!

 

REKOMENDASI ANIME TERBARU YANG SERU TAHUN 2020 WAJIB TONTON!! - Tahun 2020 adalah tahun yang dicap "buruk" oleh orang-orang karena kesialan yang serasa tiada habisnya. Sebut saja: isu perang dunia ketiga, munculnya kerajaan-kerajaan gadungan, COVID-19 dan sekolah maupun kuliah daring.

Bagi para penikmat anime pun, tahun ini disebut sebagai pembuka dekade baru yang lumayan melempem. Anime bagus yang tayang di tahun sekarang tidak sebanyak tahun-tahun kemarin.

Makanya saya akan kasih rekomendasi anime terbaru yang seru untuk kalian pada tahun 2020 ini.

Saya akan mengklasifikasikan mereka menjadi empat tier: Top-Tier, Mid-Tier, Least-Tier dan Cultured-Tier.


****

Top-Tier


Anime-anime yang masuk daftar ini adalah anime yang menurut saya bagus baik dalam hal kualitas cerita dan kualitas produksi (Production value).

Saking bagusnya, sangat susah untuk menemukan kekurangan anime-anime yang masuk tier ini.


1. Jujutsu Kaisen




Genre: Action, Horror, Fantasy, Shounen, Supernatural

Studio: MAPPA

Source: Manga


Bila dibandingkan dengan tahun kemarin, tahun ini kita hanya mendapat satu adaptasi Shounen baru yang benar-benar layak dinobatkan sebagai peringkat atas.

Jika kalian suka anime penuh aksi dengan bumbu horror membasmi siluman menggunakan kekuatan supernatural (Bleach, Noragami), maka Jujutsu Kaisen sangat direkomendasikan untuk kalian.

Belum lagi, animasi ciamik dari MAPPA dipadu dengan opening dan ending yang nyaris sempurna membuat Jujutsu Kaisen cocok menjadi kandidat Anime of The Year



2. Kakushigoto




Genre: Comedy, Shounen, Slice of Life

Studio: Ajia Do

Source: Manga


Ada beberapa momen dimana kalian hanya ingin bersantai tanpa memikirkan hal-hal berat yang hanya membebankan pikiran.

Jadi, jika kalian mencari anime santai dengan tema ringan nan wholesome, maka Kakushigoto bisa menjadi pertimbangan.

Kisah keseharian dan kemistri antara ayah dan anak memang bukan hal yang baru dalam anime, namun Ajia Do berhasil mengemas Kakushigoto menjadi tontonan yang solid.



3. Dorohedoro




Genre: Action, Fantasy, Comedy, Horror, Seinen

Studio: MAPPA

Source: Manga


Lagi-lagi MAPPA, hadeh memang gak bisa diremehkan studio ini. Dan lagi-lagi, studio ini mengadaptasi manga bergenre Horror.

Namun, beda dengan Jujutsu Kaisen yang lebih mengedepankan aksi khas Shounen, Dorohedoro justru lebih menonjolkan atmosfir anehnya dengan menggabungkan genre komedi gelap dan horor.

Latar dan semua karakternya benar-benar terasa eksperimental dan akan ada banyak Gore tentunya.

Bila dibandingkan dengan Manganya, adaptasi Dorohedoro agak menyederhanakan detail karakternya dengan membuatnya menjadi gabungan 2D dan terkadang menggunakan CG.




4. Great Pretender



Genre: Action, Adventure, Comedy

Studio: WIT Studio

Source: Original


Studio WIT memang terkenal karena berhasil mengadaptasikan sekaligus mengangkat nama Attack on Titan. Tidak hanya itu, studio ini juga kurang lebihnya merupakan spesialis dalam genre aksi.

Namun siapa sangka? WIT justru mencoba jalan baru dengan cara menciptakan seri originalnya sendiri yang diberi judul "Great Pretender".

Seri ini sendiri bercerita soal seorang penipu Jepang bernama Edamura yang ternyata malah ketipu balik! Akibatnya, ia terseret kedalam lika-liku kehidupan barunya yang penuh dengan mafia dan lainnya.

Oh iya, anime ini terinspirasi dari lagu milik band legendaris Queen berjudul sama, sekaligus dijadikan sebagai lagu Ending.



5. Eizouken



Genre: Adventure, Comedy, School, Seinen

Studio: Science SARU

Source: Manga


Jika kalian sering berandai-andai mengenai bagaimana caranya sebuah animasi tercipta, maka anime ini wajib kalian tonton.

Yap, Eizouken sendiri bercerita tentang tiga cewek yang memiliki mimpi untuk menciptakan anime/animasinya sendiri (ya, hanya dua sih).

Pernah menonton Shirobako? Perbedaannya dengan Eizouken sendiri adalah: Shirobako lebih berfokus ke produksi sebuah anime, sedangkan Eizouken lebih berfokus ke dasar-dasar pembuatan animasi itu sendiri.



6. ID: INVADED




Genre: Action, Drama, Mystery, Sci-Fi, Supernatural

Studio: NAZ

Source: Original

Sepertinya cukup jarang anime bergenre detektif yang benar-benar bisa dieksekusi secara apik. Bahkan contohnya pun bisa dihitung dengan jari.

Namun, ID: INVADED berhasil membawa genre ini ke tingkat yang lebih absurd dan tinggi.

Dengan menggabungkan unsur detektif dengan Sci-Fi dan Supernatural, ID: INVADED akan membawamu menuju petualangan seorang detektif bernama Sakaido yang menyelesaikan kasus pembunuhan dengan cara masuk kedalam pikiran sang pembunuh.



7. Brand New Animal



Genre: Fantasy

Studio: Trigger

Source: Original


Sepertinya anime original saat ini sedang berjaya ya?

Jika Disney mempunyai Zootopia dan tahun lalu kita disuguhi anime Beastars, maka untuk tahun 2020 kita disajikan sebuah anime bertema binatang buatan Studio Trigger.

Jika Zootopia mengambil "Society" dan Beastars mengambil "Realita" sebagai temanya, maka Brand New Animal mengusung tema "Diskriminasi" antara manusia dan manusia setengah hewan.

Saya tidak akan berani meletakkan BNA dalam Top Tier hanya karena konsepnya yang menarik, namun Studio Trigger sendiri sukses besar dalam membuat BNA menjadi anime yang eyecatching dari segi visual (Trigger did it once again).




Mid-Tier

Anime yang masuk Mid-Tier masih memiliki kekurangan, namun secara kualitas produksi masih diatas rata-rata. Masih sangat bisa dinikmati apabila kalian tidak memikirkan kekurangan-kekurangan sepele.



8. Tower of God (Kami no Tou)




Genre: Action, Adventure, Drama, Fantasy, Mystery

Studio: Telecom Animation Film

Source: Webtoon


Siapa sih yang gak kenal Webtoon populer Tower of God? Dulu, banyak sekali yang meminta supaya seri ini diadaptasi.

Mimpi kalian telah terkabul. Crunchyroll bekerjasama langsung dengan LINE Webtoon untuk mengadaptasi Webtoon menjadi anime. Dan Tower of God adalah project pertama mereka.

Mengusung genre fantasi yang anti-mainstream dengan menggunakan menara/tower sebagai premisnya, Tower of God sarat akan misteri dan dunianya yang luas sekaligus menarik untuk dijelajahi.

Walau, banyak yang mengeluh karena grafis dari Tower of God seakan-akan dibuat ala kadarnya, padahal hal ini sengaja dilakukan supaya adaptasinya setia dengan musim pertama dari Webtoon-nya.




9. Jibaku Shounen no Hanako-kun



Genre: Comedy, School, Supernatural

Studio: Lerche

Source: Manga


Kenal dengan hantu toilet Hanako? Bagaimana jika ternyata Hanako adalah seorang hantu laki-laki yang hobi mengisengi orang?

Hanako-kun adalah tontonan ringan yang cocok dinikmati pada saat bersantai. Apalagi komedinya yang renyah dan desain karakter yang imut-imut, membuat seri ini dapat dinikmati oleh perempuan sekalipun.



10. Fugou Keiji: Balance Unlimited




Genre: Comedy, Mystery, Police

Studio: CloverWorks

Source: Novel


Satu lagi seri detektif diadaptasi di tahun ini.

Bercerita tentang seorang detektif tajir yang konon memiliki kekayaan yang tak terbatas bernama Daisuke Kanbe dan partnernya, Haru Katou yang memiliki rasa keadilan tinggi.

Keduanya memang sangat berlawanan dalam hal sifat, namun inilah yang membuat seri ini menarik. Visual yang ditawarkan oleh CloverWorks pun bukan main, apalagi lagu pembukanya yang super catchy.

Satu-satunya kekurangan mungkin fandomnya sendiri rata-rata didominasi oleh Fujoshi (pecinta Yaoi/Boys Love) meskipun seri ini bukan Yaoi.



11. BOFURI



Genre: Action, Adventure, Comedy, Fantasy, Sci-Fi, Slice of Life

Studio: Silver Link

Source: Novel


Tidak lengkap rasanya bila dalam satu tahun tidak ada seri Isekai. Dan tahun ini, kita kedatangan Isekai bertema gadis-gadis imut dan premis yang kocak.

Kaede (Maple), tokoh utama dalam seri ini, diajak oleh temannya untuk bermain game VRMMO baru berjudul New World Online. Walaupun awalnya enggan, pada akhirnya ia pun mau.

Karena dia tidak ingin sakit ketika sedang diserang oleh musuh dalam game, dia pun menggunakan semua status poinnya ke Defense alias pertahanannya. Hal ini menyebabkan dirinya hampir kebal terhadap apapun didalam game, namun imbasnya dia menjadi sangat lambat.

Seri ini ringan. Jadi, jika kalian depresi, tonton saja ini.



12. BAKARINA




Genre: Comedy, Drama, Fantasy, Romance, School

Studio: Silver Link

Source: Novel


Bila MAPPA sangat gencar mengadaptasi manga, maka Silver Link tampaknya hobi mengadaptasi novel.

Bercerita tentang seorang bangsawan bernama Katarina yang setelah kejedot, dia tiba-tiba mengingat semua kejadian di kehidupan sebelumnya.

Dia mendapatkan fakta yang mencengangkan: dia adalah seorang cewek Jepang yang sebelum meninggal ternyata sangat menggemari bermain Game Otome, alias dunia yang ia tinggali saat ini!

Akhirnya, ia pun mengetahui fakta sebenarnya mengenai dirinya. Katarina adalah seorang antagonis dalam game otome. Namun, semua rute dari game ini akan menyebabkan Bad End bagi dirinya.

Karena itulah ia harus memutar otaknya, supaya dapat terhindar dari Bad End.



13. Yesterday wo Utatte



Genre: Drama, Romance, Seinen, Slice of Life

Studio: Doga Kobo

Source: Manga


Awalnya, saya terkejut. Kok Doga Kobo yang biasanya adaptasi manga wholesome tiba-tiba saja adaptasi manga bergenre drama yang cukup berat seperti Yesterday wo Utatte ini?

Jika kalian penikmat drama yang realistis dan terkadang menyayat hati, maka Yesterday wo Utatte bisa menjadi rekomendasi yang cocok.

Tema dari Yesterday wo Utatte sendiri berfokus ke kehidupan para remaja yang beranjak dewasa, yang sedang berada dalam masa krisis eksistensial.



14. Deca-dence





Genre: Action, Adventure, Sci-Fi

Studio: NUT

Source: Original


Plot twist, plot twist dan plot twist. Tiga kata yang cocok untuk menggambarkan anime original absurd ciptaan studio NUT, studio yang juga mengadaptasi seri Isekai populer berjudul Youjo Senki.

Konsep awal dari Deca-dence sendiri bercerita mengenai kepunahan umat manusia akibat datangnya makhluk hidup tidak dikenal bernama Gadoll. Oleh karena itu umat manusia sekarang tinggal di dalam sebuah benteng portabel setinggi 3000 meter bernama Deca-dence.

Sekilas mirip dengan Attack on Titan, kan? Tunggu sampai kalian mengetahui plot twist-nya.



15. RIKEKOI



Genre: Comedy, Romance

Studio: Zero-G

Source: Manga


Mencari seri romcom yang mirip dengan Kaguya-sama? Coba lirik Rikekoi.

Jika Kaguya-sama mengambil psikologikal sekaligus OSIS sekolah sebagai temanya, maka Rikekoi menggunakan tema sains sekaligus penelitian.

Yukimura dan Himuro adalah sepasang mahasiswa sekaligus ilmuwan yang sebenarnya saling menyukai satu sama lain. Tapi karena mereka awam dalam percintaan, akhirnya mereka memutuskan untuk memecahkan misteri tersebut menggunakan sains!



16. Somali to Mori no Kamisama



Genre: Adventure, Fantasy, Slice of Life

Studio: Satelight

Source: Manga


Hampir mirip dengan Kakushigoto, namun ditambah unsur fantasi.

Seorang Golem penjaga hutan menemukan seorang anak manusia yang sendirian. Walaupun tidak dapat merasakan emosi, Golem tersebut memutuskan untuk mengadopsi manusia tersebut dan menjadi ayahnya.

Di dunia tersebut, manusia sendiri adalah makhluk yang cukup dibenci karena reputasinya yang jelek di masa lalu. Oleh karena itu, sang ayah harus melindunginya sembari menjaga kerahasian mengenai identitasnya.



17. Tonikaku Kawaii



Genre: Comedy, Romance, Shounen

Studio: Seven Arcs

Source: Manga


Tidak disarankan untuk orang-orang yang hatinya lemah.

Iya sih wholesome, tapi buat kalian yang seorang lajang abadi, pasti kalian akan merasakan rasa iri yang sangat teramat besar.

Singkatnya, anime ini menceritakan tentang kehidupan dua pengantin baru: Nasa dan Tsukasa, yang kebetulan dipertemukan oleh takdir karena sebuah kecelakaan.

Tentu saja, bagi kalian yang mempunyai pasangan, hasrat ingin nikah kalian akan semakin membara. Sementara bagi kalian yang lajang, semoga beruntung ya.



18. Princess Connect : Re Dive!



Genre: Fantasy

Studio: CygamesPicture

Source: Game


Jika dibandingkan dengan Game Gacha lain seperti Fate/Grand Order ataupun Granblue Fantasy, mungkin Priconne terbilang baru atau belum sepopuler mereka.

Namun, adaptasinya yang sukses membuat anime ini bahkan menelorkan sebuah jargon baru yang digunakan hampir seluruh komunitas anime: Yabai Desu Ne!

Priconne sendiri bercerita mengenai seorang anak bernama Yuuki yang kehilangan ingatannya dan bertemu dengan seorang pemandu bernama Kokkoro, ahli pedang bernama Pecorine dan penyihir bertelinga kucing bernama Karyl.

Bersama-sama, mereka membangun sebuah guild yang disebut "Gourmet Guild".



19. Kamisama ni Natta Hi (The Day I Become a God)



Genre: Drama, Fantasy

Studio: P.A. Works

Source: Original


Jika kalian tidak tau, anime ini dibuat oleh Jun Maeda. Orang yang membuat anime terkenal lain seperti: Clannad, Angel Beats dan Charlotte.

Jadi, bisa dipastikan anime ini akan menyayat hati kalian perlahan-lahan, bahkan Jun Maeda sendiri berambisi untuk menjadikannya sebagai anime tersedih sepanjang masa.

Yota Narukami adalah seorang remaja yang berniat untuk menghabiskan liburan musim panasnya untuk belajar menghadapi ujian masuk perguruan tinggi. Namun, semuanya berubah ketika dirinya bertemu dengan Hina, sosok yang mengaku sebagai dewa.



20. Akudama Drive



Genre: Action, Sci-Fi

Studio: Studio Pierrot

Source: Original


Sedang mencari anime yang memiliki estetika mirip dengan Danganronpa dan Persona? Maka Akudama Drive dapat menjadi jawaban.

Bercerita tentang perang saudara di Jepang yang berakibat pada terbelahnya Jepang menjadi dua bagian: Kansai dan Kanto.

Di Kansai itu sendiri, terdapat sebuah organisasi bernama Akudama. Organisasi enam orang yang mengemban misi dari seekor kucing hitam sambil menghindari kejaran polisi.

Walau pada akhirnya, semua hal itu berubah ketika seorang gadis tidak sengaja melihat tindakan kriminal para Akudama.



21. Koisuru Asteroid



Genre: Comedy, School, Slice of Life

Studio: Doga Kobo

Source: Manga


Kayak gak tau aja Doga Kobo kayak gimana.

Ini adalah "cute girls doing cute things" bertema Asteroid.



22. Yuukoku no Moriarty



Genre: Mystery, Psychological, Shounen

Studio: Production IG

Source: Manga


Kenal dengan Sherlock Holmes? Nah, si James Moriarty ini adalah musuh bebuyutan dari sang detektif legendaris.

Udah gitu aja sih, males nulis. 



23. Gleipnir



Genre: Action, Ecchi, Mystery, Seinen, Supernatural

Studio: Pine Jam

Source: Manga


Mencari anime edgy dengan cewek yandere?

Gleipnir adalah jawaban yang tepat.

Tidak banyak yang bisa saya beritahu dari Gleipnir, tapi jika kalian menyukai seri edgy nan gelap berbalut Ecchi, maka coba saja tonton Gleipnir.



24. Houkago Teibo Nisshi



Genre: Comedy, School, Seinen, Slice of Life

Studio: Doga Kobo

Source: Manga


Kayak gak tau aja Doga Kobo kayak gimana.

Ini adalah "cute girls doing cute things" bertema Memancing.



25. Nami Yo Kiitekure



Genre: Comedy, Drama, Romance, Seinen

Studio: Sunrise

Source: Manga


Anime ini mengambil konsep yang sangat jarang ada dalam sebuah anime. Yaitu Penyiar Radio.

Minare Koda, yang mengeluh kepada salah satu pegawai stasiun radio mengenai dirinya yang patah hati, terkejut ketika ceritanya tiba-tiba disiarkan dalam radio tersebut.

Marah, ia pun segera bergegas menuju stasiun radio tersebut untuk komplain. Namun, sesampainya disana, ia malah direkrut.



26. Maou-jo de Oyasumi



Genre: Comedy, Fantasy, Magic, Shounen, Slice of Life

Studio: Doga Kobo

Source: Manga


Kayak gak tau aja Doga Kobo kayak gimana.

Ini adalah "cute girls doing cute things" bertema Tidur.



27. Kyokou Suiri (In/Spectre)



Genre: Comedy, Mystery, Romance, Shounen, Supernatural

Studio: Brain's Base

Source: Manga


Memiliki tema siluman sama seperti Jujutsu Kaisen, namun Kyoukou Suiri lebih berfokus ke misteri sekaligus romansa antara Kotoko dan Kurou.

Kotoko adalah seorang gadis yang pernah mengalami kecelakaan supernatural sehingga dirinya kehilangan satu mata dan satu kakinya, dan harus menggunakan kaki sekaligus mata buatan.

Dia pikir dia hanya sendirian, sampai pada akhirnya dia mengetahui bahwa Kurou, kekasih hatinya, ternyata pernah mengalami kejadian yang sama.

Mengerti satu sama lain, keduanya sepakat untuk menjalin kerjasama untuk mengatasi kejadian supernatural.


28. Darwin's Game



Genre: Action, Mystery, Shounen

Studio: Nexus

Source: Manga


Salah satu anime edgy lainnya yang tayang sebagai pembuka tahun 2020, namun dikemas dengan lebih baik ketimbang Gleipnir.

Sudou Kaname tanpa sengaja terseret dalam sebuah game bertahan hidup berbahaya yang mempertaruhkan nyawa setelah dengan cerobohnya mengunduh game seluler bernama "Darwin's Game".

Setelah mengunduh game tersebut, Kaname memperoleh kekuatan supernatural yang disebut Sigil, dan ia menyadari bahwa dirinya hanya satu dari sekian banyak pemain "Darwin's Game".

Mengusung tema aksi supernatural dan battle-royale, Darwin's Game sangat menarik untuk diikuti karena hampir setiap pemain memiliki kekuatan yang berbeda-beda, dan setiap strategi yang digunakan Kaname untuk memenangkan game benar-benar cerdas. 



29. Murenase! Seton Gakuen



Genre: Comedy, School

Studio: Studio Gokumi

Source: Manga


Lagi-lagi furry. Tapi bedanya, anime kali ini lebih menitikberatkan pada komedinya yang absurd dan lepas.

Anime ini menceritakan tentang sekolah binatang yang isinya ya... Binatang. Uniknya, semua binatang jantan memiliki penampilan layaknya binatang, sedangkan untuk betina malah terlihat seperti manusia.

Di sekolah ini, hanya ada dua ekor manusia saja. Dan itu adalah karakter utama kita, Jin, seorang laki-laki yang benci dengan binatang dan sang heroine, Hitomi, yang menjadi pujaan hati Jin.

Keinginan Jin hanya satu, yaitu menjalani hidup sekolah tenang bersama Hitomi. Namun tentunya, tidak akan berjalan dengan mudah karena banyaknya pengganggu di sekitar mereka.

Ironisnya, ada banyak fakta unik soal hewan-hewan yang dapat kita pelajari dari anime ini. Contoh: Zebra bukan jenis kuda, tapi keledai.



30. Runway de Waratte



Genre: Drama, School, Shounen, Slice of Life

Studio: Ezola

Source: Manga


Satu lagi seri anime unik dengan tema anti-mainstream, yaitu fashion.

Chiyuki, memiliki mimpi untuk menjadi seorang model terkenal dan ingin mengikuti Paris Fashion Week. Namun semua itu menjadi hancur karena tinggi badannya berhenti di 158 cm, terlalu pendek untuk menjadi seorang model profesional.

Hampir saja ia menyerah sepenuhnya, ia bertemu dengan teman kelas baru ketika naik ke kelas 12 yang ternyata sangat berbakat dalam merancang busana, namun juga hampir menyerah karena keadaan.

Bersama, keduanya berjuang untuk saling melengkapi dan mengejar mimpi dari mustahil menjadi mungkin.



31. Kanojo, Okarishimasu



Genre: Comedy, Romance, School, Shounen

Studio: TMS Entertainment

Source: Manga


Yes, ini Harem. Namun, seri ini punya premis yang sangat menarik, yaitu Rental Pacar.

Kazuya, seorang mahasiswa yang patah hati karena baru saja diputuskan oleh kekasihnya, Mami, hanya bisa tersungkur di kamarnya karena gagal move on.

Sampai suatu saat, ia menemukan sebuah aplikasi Rental Pacar, yang memungkinkannya untuk menyewa pacar dengan merogoh kocek.

Tidak punya harapan, dia pun memberanikan diri untuk memakai aplikasi tersebut, dan dimulailah pertemuannya dengan Chizuru, yang akan mengubah hidupnya untuk selamanya.





Least-Tier


Anime yang cukup banyak minusnya, namun setidaknya masih bisa dinikmati dan tidak sepenuhnya buruk atau memiliki satu hal yang bisa dijadikan gimmick.



32. Maou Gakuin no Futekigousha



Genre: Action, Demons, Fantasy, Magic, School

Studio: Silver Link

Source: Light Novel


Sama seperti Isekai, anime dengan tema karakter utama yang overpower juga rasanya sudah menjadi trend.

Kendati memiliki banyak sekali adegan dan tropes yang klise, seri seperti ini selalu saja membuat kita tersenyum puas melihat karakter utama yang kekuatannya gak ngotak.

Anos Voldigord adalah seorang raja iblis tiran yang telah membantai manusia, roh, dan bahkan dewa sekalipun. Bosan, akhirnya ia pun memutuskan untuk bereinkarnasi 2000 tahun kedepan.

Namun, apa yang menunggunya 2000 tahun setelahnya adalah masyarakat yang lemah karena sudah terbiasa dengan kedamaian.

Ia pun pada akhirnya memutuskan untuk masuk kedalam Demon King Academy untuk menuntaskan tujuannya.



33. The God of Highschool



Genre: Action, Comedy, Fantasy, Martial Arts, Supernatural

Studio: MAPPA

Source: Webtoon


Satu dari tiga project Webtoon bersama Tower of God dan Noblesse. Dan tentunya, bila disandingkan dengan Tower of God, anime ini unggul dalam hal visual.

Namun, kendati demikian, pacing dari anime ini agak berantakan, walau masih bisa dinikmati.

The God of Highschool sendiri bercerita tentang protagonis kita, Mori Jin, yang berniat untuk memenangkan turnamen beladiri SMA terbesar yang diadakan di Korea Selatan.



34. Uzaki-chan wa Asobitai!



Genre: Comedy, Ecchi, Slice of Life

Studio: ENGI

Source: Manga


Dalam satu tahun, setidaknya harus ada satu anime komedi yang dibalut dengan fanservice. Itu sudah menjadi tradisi turun temurun sepertinya.

Uzaki-chan wa Asobitai menceritakan tentang Shinichi Sakurai, seorang penyendiri yang nyaman dengan gaya hidupnya dan tidak peduli dengan orang lain. Namun, juniornya, Hana Uzaki sepertinya tidak memahami hal tersebut...

Anime ini banyak menuai kritik (terutama dari para westerner) akibat postur tubuh Uzaki yang tidak proporsional dan dianggap sebagai pelecehan.



35. Majo no Tabitabi



Genre: Adventure, Fantasy

Studio: C2C

Source: Light Novel


[NB: Harusnya saya masukkin ini ke Mid Tier, tapi kelupaan, lol]

Sejauh ini merupakan angin segar bagi para penikmat fantasi yang hanya ingin merasakan esensi murni dari genre fantasi itu sendiri.

Elaina, adalah penyihir yang ingin tahu akan dunia luar lebih luas lagi. Sehingga dia pun memutuskan untuk pergi berkelana dari satu tempat ke tempat lainnya bak daun yang tertiup angin.



36. Munou no Nana (Talentless Nana)



NB: Typo lol


Genre: Psychological, Shounen, Supernatural, Thriller

Studio: Bridge

Source: Manga


Main Among Us? Maka anime ini layak disebut sebagai Among Us the animation.

Menceritakan tentang sebuah akademi yang terletak jauh dari pemukiman manusia. Disana, murid-muridnya adalah para pengguna kemampuan dan dilatih keras untuk melawan musuh umat manusia.

Bisa dibilang, anime ini seperti gabungan Boku no Hero Academia dan Danganronpa (walau karakter utama memiliki kemampuan yang mirip Touma).

Namun.... Tentu saja ada Plot Twist.



37. Kuma Kuma Kuma Bear



Genre: Adventure, Comedy, Fantasy

Studio: EMT²

Source: Light Novel


Mirip Bofuri, hanya saja Beruang.




Cultured-Tier

Anime yang hanya bisa ditonton oleh orang-orang yang berbudaya dalam tanda kutip.



38. Nekopara



Genre: Comedy, Romance

Studio: Felix Film

Source: Visual Novel


Kafe kucing.

Gak lewd sih, tapi untuk memahami esensi dari surga kafe kucing, kalian harus menjadi orang yang berbudaya dulu.



39. Sport Climbing Girls



Genre: Comedy, Drama, Ecchi, Shounen

Studio: BLADE

Source: Original


Ah, pemandangan.



Oh iya, jangan lupa ya untuk subscribe channel youtube mimin ini





Selamat menikmati.

NB: Hanya anime baru yang dimasukkan. Sehingga untuk anime sekuel ataupun spin-off tidak akan masuk daftar ini. Oh iya, no movie juga.