Kerb: Musuh dan Teman Bagi Pembalap

 



Kerb: Musuh dan Teman Bagi Pembalap - Bagi teman-teman yang sering menonton balapan, baik balap motor atau balap mobil, pasti tahu apa itu kerb.

Kerb adalah gundukan gerigi di tepi lintasan balap. Khususnya, berada di area tikungan yang ditandai dengan cat warna-warni. Fungsi utama dari kerb yakni menahan para pembalap keluar dari lintasan karena daya grip lebih baik dari pada aspal.

Pembuatan kerb ini tidak boleh sembarangan. FIM (Federation International Motorcycle) mempunyai standar dalam pembuatan kerb ini. Disebutkan bahwa, kerb harus dibuat minimal 12 meter, dimana bagian awal dan akhirnya berbentuk segitiga dengan warna putih. 

Kerb sendiri bisa menjadi musuh bagi pembalap, terlebih lagi ketika cuaca hujan. Kerb akan menjadi licin ketika basah. Kerb apabila dilibas saat keadaan basah akan bisa membuat mobil spin atau kehilangan grip ketika melakukan akselerasi. Maka dari itu, kebanyakan pembalap akan menghindari kerb ketika cuaca hujan.

Walau kadang dianggap musuh, kerb sendiri bisa juga menjadi teman. Hal ini pernah disampaikan Marć Marquez. Si "Semut Merah" (julukan Marquez, red) tidak hanya mengandalkan motor yang mumpuni, Marquez juga sering mengambil lajur di kerb daripada di aspal.

"Aneh, terkadang grip di kerb lebih bagus daripada di aspal. Akan tetapi, itu (menikung melewati kerb) sangat sulit dilakukan di beberapa tikungan," kata Marquez beberapa waktu lalu.

Cara itu salah satu trik Marquez untuk meningkatkan lap time. Hal tersebut dilakukan juara seri 10 kali MotoGP 2014 ini sejak di kelas Moto2 dimana Casey Stoner melakukannya di kelas MotoGP.

So, apakah kalian menjadikan kerb sebagai teman atau sebagai musuh?

Referensi:

• N.N. 2014. "Manfaatkan Kerb, Trik Marquez Pangkas Waktu Ditikungan". Diakses dari www,federaloil,co,id/detail/sport/1406-manfaatkan-kerb-trik-marquez-pangkas-waktu-ditikungan?p=all. Pada 25 oktober 2021.

• Apinio, Rio. 2017. "Bukan Cuma Desain, Ada Standar Sirkuit MotoGP yang Wajib Dipenuhi". Diakses dari m,liputan6,com/otomotif/read/3078595/bukan-cuma-desain-ada-standar-sirkuit-motogp-yang-wajib-dipenuhi. Diakses pada 25 Oktober 2021

• Ramadhan. 2016. "Selain Tikungan 15 yang 'Angker', Ini Masalah Lain di Sirkuit Baku". Diakses dari indosport,com/otomotif/amp/20160618/selain-tikungan-15-yang-angker-ini-masalah-lain-di-sirkuit-baku. Diakses pada 25 Oktober 2021.