10 Rumus Excel yang Wajib Kamu Kuasai Untuk Kerja di Kantoran!



10 Rumus Excel yang Wajib Kamu Kuasai Untuk Kerja di Kantoran! - Ms Excel, salah satu dari sekian banyak software yang terdapat dalam paket Ms. Office, Microsft Excel dapat mempermudah kamu untuk mengelola lembar kerja di kantoran. Jadi jika kamu bisa menguasai Excel maka kamu akan lebih mudah mengerjakan tugas dari bos kamu yang selalu mengejar deadline.

Dalam microsoft excel ada banyak sekali fungsi/rumus yang bisa kamu gunakan, memang tidak selalu mudah akan tetapi jika kamu bisa menguasainya maka kamu tidak perlu khawatir lagi dengan tugas kantor yang menumpuk nantinya.


Lalu 10 rumus excel apakah yang wajib kamu kuasai untuk kerja kantoran?

Ini dia:

1. LEFT, MID, RIGHT

Rumus pertama yang harus kamu kuasai adalah LEFT, RIGHT dan MID. Rumus gak terlalu susah sih, rumus LEFT berfungsi untuk memisahkan karakter dalam satu sel yang diawali dari karakter paling kiri. MID untuk memisahkan karakter dalam satu sel yang diawali dari karakter di tengah. Lalu RIGHT adalah kebalikan dari LEFT.


2. VLOOKUP & HLOOKUP

VLOOKUP berfungsi untuk mencari lalu membandingkan pada data tabel refrensi secara vertical, dengan mengacu pada kolom paling kiri. Kalau HLOOKUP sih juga memiliki fungsi yang sama, namun bedanya HLOOKUP yang dilakukan secara horizontal dengan mengacu data paling atas.


3. CONCATENATE

CONCATENATE mempunyai fungsi untuk menggabungkan karakter dalam beberapa sel menjadi satu sel.


4. MAX,MIN

MAX mempunyai fungsi untuk mencari nilai tertinggi di satu suatu range. Lalu MIN itu sebaliknya sih, MIN mempunyai funsi mencarai nilai terendahnya.


5. AVERAGE

Apakah funsi AVERAGE? Rumus ini memiliki fungsi mencari rata-rata dari kumpulan angka dalam suatu range.


6. IF

Rumus IF paling sangat sering digunakan dalam fungsi logika. Contohnya, kamu menghitung target penjualan, jika berhasil menjual diatas GBP 1.000.000 maka target akan tercapai, selain itu maka target tidak tercapai. Percayalah hukum IF itu mutlak, jadi rumus ini harus kamu pahami dengan benar.


7. LEN

LEN mempunyai fungsi menghitung jumlah banyak karakter dalam satu sel, spasi pun masuk dalam hitungan.


8. COUNTA

Rumus COUNTA dapat menghitung semua karakter yang ada dalam suatu range maupun kolom.



9. COUNT

Hampir sama dengan SUM, hanya saja COUNTA gunanya untuk menghitung jumlah angka dalam suatu range, maupun kolom. Ingat ya menghitung jumlah, bukan menjumlahkannya. Karakter selain angka tidak akan masuk hitungan.


10. SUM

Fungsi SUM adalah untuk menjumlah  suatu data di suatu range, kolom, atau baris. Ini adalah rumus paling dasar pada dunia Microsoft Excel yang harus dikuasai. Kamu bisa menjumlah angka dengan mudah menggunakan rumus ini.



Itu saja artikel saya kali ini, semoga bisa banyak membantu kamu yang sedang kesulitan..