Di Ejek Oposisi, Ternyata Mobil Esemka Adalah Gagasan di Era SBY




Barusan lihat acara ' Cerita Indonesia' di Kompas TV, kompas mengulas habis soal PT. Solo Manufaktur Kreasi yg dianggap hanya sebagai Proyek pamanis bibir menjelang Pilpres, mulai mesin, casis, body dan segala accesorisnya dibahas lengkap di acara ini.

Terkadang saya gemes dengan Jokowi, sabar nya beliau itu kelewat batas, Esemka selalu dijadikan senjata kubu ' Tukang Ngibul ' untuk menyerang beliau, mereka bilang salah satu kebohongan nyata Jokowi adalah 'Janji menjadikan Esemka sebagai Mobil Nasional' Padahal gua ngarep banget pakde teriak ' Eeeh codot, Esemka itu yg ngagas SBY, bukan gua, lagian coba kalian lihat di daftar janji kampanye kami tahun 2014 Kemarin ada ngak soal Esemka..??" Tp ngarep pakde ngomong gitu Ya mustahil, sama Mustahilnya ngarep Luna Maya balikan lagi sama Reino Barack.

Jadi begini ya bukde, Proyek Esemka itu dimulai tahun 2007, proyek ini awalnya tujuannya untuk memberdayakan kemampuan anak bangsa (siswa SMK) yg digagas oleh Departemen Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Kejuruan Dirjen Dikdasmen pada era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Menteri Pendidikkan saat itu adalah Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA.

Pak mantan bukan hanya ingin membuat kendaraan roda 4 berlabel "Mobil Nasional" tapi ingin juga mengembangan tehnologi industri melalui kemampuan siswa2 SMK sesuai jurusannya seperti tehnologi otomotif, mesin dan perkakas, elektronik/komputer, Wood Working dan Peralatan Elektronik Rumah Tangga.

Untuk menunjang kegiatan siswa tersebut, pihak Depdikbud merangkul perusahaan2 sebagai mitra industri seperti Zyrex, Lintop dan Advan untuk Computer, Ahmadi Mesin untuk perkapalan, Agrindo untuk mesin pertanian, Kanzen untuk kendaraan roda dua serta PT AIK dan Jinbei untuk roda empat.

Nih bukti kalau program Esemka itu di Inisiasi di zamannya Pak Mantan : https://nasional.tempo.co/…/nuh-siapkan-mobil-esemka-…/full…

Bahkan di berita Tempo itu disebutkan Esemka untuk roda 4 sudah melewati 2 fase dan saat ini sedang masuk ke fase ke 3 yakni fase uji, baik uji lapangan maupun uji emisi. Jika fase ini sudah dilewati barulah masuk ke fase komersialisasi. Mendikbud juga berencana akan menghadiahkan Produksi pertama Esemka untuk SBY dan Budiono.

Seiring Berjalan nya waktu ide Mobil Nasional banyak mendapat cibiran dari berbagai Pihak, nah disaat pak mantan cs mulai cuci tangan karena menganggap program ini akan Gatot alias Gagal Total munculah Jokowi sebagai penyelamat muka mereka.

Saat itu Mendikbud menunjuk kota Magelang dan Solo sebagai basis pengembangan Esemka roda 4, jauh sebelum program ini digaungkan Solo memang sudah menjadi basis pelatihan Anak2 SMK khususnya jurusan Otomotif, salah satu bengkel terkenal di solo yg sering memberikan pelatihan untuk anak2 SMK adalah 'Sukiat Motor' akhirnya Sukiat digandeng untuk mengembangkan SMK nah karena saat itu Jokowi sebagai walikota solo beliaulah yang meng' Edorse' Esemka, Pakde adalah kepala daerah pertama yg menjadikan Esemka sebagai mobil dinas untuk kegiatan kesehariannya.

Apakah cuma Jokowi yg mempopulerkan SMK, oh tidak Ferguso, Capres idola kalian juga pernah ikut numpang tenar soal Esemka, pada saat kampanye Pilpres 2014 Prabowo mengatakan akan menjadikan Esemka sebagai Mobil Nasional bahkan secara pribadi akan memborong mobil Esemka, apakah gua hoax?? tentu saja tidak. Gua ngak kayak RG yg suka membual dgn hoax2nya, ini berita nya :
https://www.viva.co.id/…/304493-kampanye-pilpres-prabowo-pa…

So, apa kesimpulan nya?? Esemka itu bukan hantu yg muncul hanya pada waktu menjelang Pilpres seperti yg kalian Fikirkan, Esemka saat ini perlahan namun pasti akan menjadi Perusahaan Nasional yg akan melahirkan produk2 mobil berkualitas, logika sederhana nya kita mampu membuat Panser, Kapal Perang sampai Pesawat, masak buat mobil aja ngak bisa.

Presiden Jokowi mendukung semua usaha anak bangsa untuk maju, Buka Lapak, Gojek, Toko Pedia atau Traveloka adalah contoh perusahaan yg bisa besar karena dukungan beliau. Membuat mobil itu mudah tp menjadikannya sebagai Mobil Nasional itulah hal yg sulit, Mobil2 Jepang, AS dan Eropa yg puluhan tahun sudah merajai aspal dalam Negri tentu tak bisa menerima begitu saja kehadiran Esemka, jadi kalau ditanya kenapa Esemka lama Produksinya?? Yah karena banyak masalah yg harus difikirkan dan diselesaikan, mulai Type, Hak Paten, Pangsa Pasar dll.

" Tapi mas, walau videonya udah ada n bisa dilihat kenapa tetangga sebelah masih Ngak percaya yah soal Esemka..??" Tanya dek nur, Dgn nafas berat gua jawab " Karena Dungu itu tak berbatas sayang..."