Mengenang 1 Tahun Kepergian Stephen Hawking



Tepat hari ini tanggal 14 maret 2019 adalah 1 tahun yang lalu meninggalnya ilmuwan ternama, yaitu Stephen Hawking.

Beliau dikenal sebagai salah satu ilmuwan matematika dan fisika teoritis terbaik dengan teori-teori mengagumkan mengenai kosmologi, lubang hitam dan gravitasi kuantum.

Nama lengkapnya adalah Stephen William Hawking, CH, CBE, FRS. Hawking lahir pada 8 Januari 1942 dari pasangan Dr. Frank Hawking, seorang biolog, dan Isobel Hawking. Ia memiliki dua saudara kandung, yaitu Philippa dan Mary, dan saudara adopsi, Edward.

Stephen Hawking meninggal pada tanggal 14 Maret 2018 karena penyakit yang diidapnya. Beliau menghembuskan nafas terakhirnya di rumahnya di Cambridge, Inggris pada pagi hari. Stephen Hawking sangat berjasa dalam mengembangkan teori-teori dalam bidang fisika kuantum serta astrofisika. Beliau menerima banyak penghargaan atas jasa-jasanya tersebut.

Beliau adalah ilmuwan jenius dan berjasa atas kontribusi yang disalurkannya melalui ilmu pengetahuan di bidang fisika, matematika, astronomi, dll. tidak luput dari teori-teori beliau yang mengagumkan, beliau juga mempunyai fakta-fakta menarik yang jarang orang ketahui, yaitu :

- Stephen Hawking diprediksi hanya dapat bertahan hidup selama 21 tahun ketika penyakit kelumpuhan mulai menyerangnya pada usia 22 tahun menurut diagnosa dokter. Namun Stephen Hawking dapat bertahan hingga usia 76 tahun dan menjadi salah satu ilmuwan terhebat di abad 21.

- Nilai-nilai sekolah Stephen Hawking biasa-biasa saja bahkan buruk ketika masih bersekolah dikarenakan ia sangat malas.

- Ayahnya Stephen Hawking menginginkan Stephen Hawking menjadi dokter, namun Stephen Hawking memilih mendalami fisika dan menjadi seorang ilmuwan termasyur

- Semasa remaja Stephen Hawking dikenal pemalas dan tidak suka belajar, namun ia mendapatkan beasiswa karena kecerdasannya

- Stephen Hawking pernah menjadi anggota tim dayung di kampus Oxford

- Bukunya ‘A Brief History of Time’ terjual sebanyak 10 juta copy dan menjadi best seller selama 4,5 tahun.

- Stephen Hawking adalah seorang ilmuwan yang tidak percaya akan Tuhan atau atheis. Ia tidak percaya keberadaan Tuhan, Hawking lebih percaya bahwa alam semesta diatur oleh hukum ilmu pengetahuan atau sains.

- Stephen Hawking adalah pencetus teori terciptanya dunia dan teori lubang hitam yang terkenal

- Kisah hidup Stephen Hawking pernah diangkat menjadi sebuah film yang berjudul ‘Theory is Everything‘ pada tahun 2014

- Stephen Hawking adalah seorang ilmuwan yang memperoleh gelar Lucasian Professor yakni gelar professor matematika paling bergengsi di Universitas Cambridge, Inggris. Hanya segelintir orang yang memperoleh gelar tersebut termasuk Sir Isaac Newton.

- Stephen Hawking juga memperoleh gelar bergengsi dari kerajaan Inggris yakni gelar Order of the Companions of Honour.

- Stephen Hawking juga menulis buku untuk anak-anak yang menjelaskan mengenai lubang hitam (black hole) dengan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Sumber : Biografiku