Apa Itu MULTITALENTA? Lalu Apa Perbedaan Kelebihan & Kekurangan? Berikut Penjelasannya!



Apa Itu MULTITALENTA? Lalu Apa Perbedaan Kelebihan & Kekurangan? Berikut Penjelasannya! - Hmmmm, apa itu multi talenta? 🤔
Adakah orang yang memiliki multi talenta? 🙄
Lalu, apa sih kelebihan dan kekurangan memiliki multi talenta? 😮
Yuk, kita bahas disini (Correct Me If I'm Wrong) :)
.
.
Setiap orang yang hidup dan berakal memiliki talenta. Talenta atau bakat adalah kemampuan alamiah untuk memperoleh pengetahuan atau keterampilan. Pada dasarnya, setiap individu memiliki bakat yang berbeda-beda. Perbedaan itu hanya terletak pada jenis bakat masing-masing. Ada orang yang berbakat dalam bidang sains, sejarah, elektronika, fisika, dan berbakat dalam meluluhkan hati seseorang, hehe

Tapi, ada juga individu yang mampu memiliki banyak bakat, ya! Dia bisa segalanya, sains oke, sejarah oke, elektronika oke, kelistrikan oke, tata boga juga oke! Individu inilah yang akan kita bahas disini, manusia dengan 'sejuta' keahlian atau disebut dengan multi talenta.
Jadi, definisi multi talenta itu sendiri bisa kita sebutkan dengan 'individu yang memiliki kemampuan serba bisa dalam berbagai hal' , semua ada dalam dirinya hehe..

Paham kan sampai sini? Yuk kita lanjutkan ke pembahasan selanjutnya.

Adakah di dunia ini seseorang yang memiliki muti talenta? Jawabannya tentu banyak! Sebagai contoh sebut saja Gilang Dirga, seorang artis yang memiliki 'sejuta' keahlian! Ia bisa menirukan suara orang lain, ia pandai bernyanyi, bahkan memberikan tausiyah pun dia mampu.

Tanpa kita sadari, bisa jadi orang² disekeliling kita pun ada yang memiliki kemampuan ini, atau bahkan kalian sendiri juga memilikinya. Waaah hebat dong ya! Eits, tapi tunggu dulu, dibalik kelebihan pasti ada yang namanya kekurangan. Ya, karna pada hakikatnya, apapun yang ada di alam semesta ini tidak ada yang sempurna, hanya Tuhan lah yang memiliki kesempurnaan :)

Okey, lalu apa sih yang menjadi kelebihan dan kekurangan individu yang memiliki kemampuan ini? Kuy, kita bahas.

Kelebihan :

Kelebihan dari multi talenta ini adalah dia merupakan orang yang serba bisa, banyak keahliannya dalam berbagai bidang. Sehingga, dia akan lebih mudah menyesuaikan ketika berada di suatu lingkungan, baik dalam lingkungan kerja, lingkungan masyarakat, sekolah, kuliah, atau pun keluarga.

Sebagai contoh, ada individu yang memiliki kemampuan ini yang bekerja didalam suatu instansi. Ia mendapat posisi sebagai OB, misalkan. Dia memiliki tugas pokok untuk bersih² lingkungan dimana ia bekerja, tapi karna dia memiliki banyak keahlian, seringkali dia mendapat tugas untuk membantu memperbaiki alat elektronik yang rusak, misalkan, atau membetulkan instalasi listrik yang bermasalah, dan lain sebagainya.

Nah itu kelebihannya, pada intinya dia adalah individu yang memiliki banyak sekali kemampuan yang bisa ia manfaatkan di dalam kehidupannya. Lalu bagaimana dengan kekurangannya? Ini dia...

Kekurangan :

Dibalik keistimewaan individu ini, ternyata tidak lepas dari kekurangan dalam dirinya. Kekurangan yang dimilikinya adalah, dia merupakan orang yang sangat sulit untuk fokus. Seperti yang kita tahu, bahwa fokus adalah kunci dari keberhasilan, yeekaaan hehe..

Individu ini akan mudah sekali merasa bosan dengan apa yang dikerjakannya, ketika dia merasa bosan maka dia akan beralih ke pekerjaan lain yang menjadi keahliannya juga. Sehingga, terkadang pekerjaan yang ia kerjakan hasilnya kurang maksimal.

Sebagai contoh, ada seseorang yang memiliki kemampuan ini, dia sedang melukis hewan di halaman rumahnya, kemudian ketika di tengah² proses dia melukis, dia merasa bosan karna mungkin terlalu lama. Akhirnya dia menunda pekerjaannya dan mencoba menghilangkan kejenuhannya dengan beralih ke bakat lainnya yang dia miliki, beralih ke bermain musik misalkan atau bakat lainnya.

Nah teman², seperti itulah pembahasan tentang multi talenta dari saya. Apakah kalian memiliki kemampuan ini? Hehe

Betulkan jika saya salah, semua ini hanyalah opini saya pribadi yang didukung oleh beberapa referensi yang pernah saya baca dan juga dari guru atau dosen saya.

Semoga bermanfaat