22 Fakta Unik Tentang Negara Kanada yang Menarik Untuk Disimak!






22 Fakta Unik Tentang Negara Kanada yang Menarik Untuk Disimak! - Hai hai GS LOVERS, apa kabarnya?  Tentu saja tidak sebaik sebelumnya karena Covid-19 belum kunjung usai. Ya tapi bukan berarti ketika lockdown begini kalian akan bosan, karena apa? Karena ada Gudang Share yang pastinya menemani kalian untuk stand by in home hehehe.

Seperti biasa nih saya akan memberikan sebuah info menarik dari negara yang sangat maju dengan cadangan minyak yang besar, tapi bukan dari Timur Tengah guys tapi negara ini adanya di Eropa loh. Yup siapa yang tidak kenal dengan negara Kanada, meski begitu negara ini masih mempunyai banyak fakta menarik untuk kalian simak loh guys, apa saja itu? Ini dia!


1. “Kanada” berasal dari kata Huron-Iroquoia Kanata yang berarti desa, pemukiman, atau kumpulan pondok.

2. Dengan luas negara 9.970.610 kilometer persegi, Kanada ditetapkan sebagai negara terluas kedua di dunia setelah Rusia.

3. Kanada memiliki garis pantai terpanjang di Dunia dengan panjang 202.080 km.

4. Kanada memiliki lebih dari 31.700 danau besar yang memiliki luas lebih dari 300 ha. Fakta menariknya, lebih dari setengah jumlah danau di seluruh dunia terletak di Kanada. Danau terbesar di Kanada yaitu Great Bear Lake dam Great Slave Lake.

5. Kanada memiliki 37 juta penduduk dengan Angka Harapan Hidup 80 tahun. 

6. Kanada terkenal dengan iklimnya yang dingin yang dapat menjadi sangat kasar di banyak daerah dengan risiko badai salju dan badai es.

7. Suhu rata-rata pada siang hari di musim panasnya, yaitu sekitar 35°C, sedangkan pada musim dingin dapat mencapai -25°C dan suhu ini dapat dikatakan biasa.

8. Hari Nasional Kanada adalah Canada Day yang diselenggarakan setiap 1 Juli.

9. Montreal merupakan kota terbesar kedua di Kanada setelah Toronto sekaligus kota kedua terbesar di Dunia yang memiliki penutur bahasa prancis terbesar setelah Paris.

10. Teritorial Nunavut yang terletak di Kanada bagian utara dibentuk pada tahun 1999 dan merupakan rumah bagi orang-orang inuit.

11. Terdapat dua budaya yang ada di Kanada, yaitu budaya dari Inggris dan Perancis yang tertinggal sejak masa kolonial, serta budaya dari Amerika Serikat karena kedekatan lokasi kedua negara ini.

12. Terdapat dua bahasa yang digunakan di Kanada, yaitu bahasa Inggris dan Perancis, di mana terdapat sebuah konflik antara masyarakat yang menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Perancis.

13. Olahraga resmi dari Kanada, yaitu berupa permainan lacrosse. Lacrosse adalah suatu olahraga tim yang menggunakan bola dan tongkat berjaring.

14. Hoki es merupakan olahraga musim dingin resmi Kanada yang juga sering digunakan sebagai simbol nasional persatuan dan kebanggaan.

15. Dibandingkan dengan negara-negara lain, Kanada termasuk negara yang membelanjakan uangnya paling banyak untuk pendidikan. 

16. Karena keseriusannya dalam bidang pendidikan, gelar lulusan dari universitas-universitas di Kanada diakui di dunia

17. Angka literasi (literacy rate) di Kanada sebesar 99% maka hampir keseluruhan warga Kanada dapat membaca.

18. Bangsa Kanada adalah bangsa yang gemar membaca, dibuktikan dengan adanya 22.000 perpustakaan umum di sana.

19. Ekspor utama negara ini, yaitu kendaraan bermotor dan suku cadangnya, mesin dan peralatan, produk teknologi tinggi, minyak, gas alam, logam, serta produk kehutanan dan pertanian.

20. Impor utama negara ini, yaitu mesin dan peralatan industri termasuk berbagai peralatan komunikasi dan elektronik, mobil dan suku cadangnya, bahan-bahan industri, produk pabrik, dan makanan.

21. Wisawatawan terbanyak yang melancong ke Kanada sebagian besar berasal dari Amerika Serikat, Inggris, dan Prancis.

22. Kanada merupakan negara yang populer untuk berimigrasi. Banyaknya imigran yang datang tiap tahunnya (lebih dari 200.000 imigran) menjadi sebab keanekaragaman latar belakang, wawasan, dan budaya yang ada di Kanada. Sebagian besar berasal dari Tiongkok, Filipina,  India,  Jerman,  Prancis,  Mesir,  Maroko.


Itulah 22 Fakta Unik Tentang Negara Kanada yang Menarik Untuk Disimak! Menarik bukan? Yuk simak info unik lainnya hanya di Gudang Share di lain waktu ya guys, bye bye....