Cara Meraup Uang Ratusan Juta Rupiah dengan Live Streaming Main Game di Facebook



Cara Meraup Uang Ratusan Juta Rupiah dengan Live Streaming Main Game di Facebook - Mencari uang bermodalkan hobi dan koneksi internet kini sudah menjadi hal lumrah yang dilakukan banyak orang. 

Beberapa kegiatan yang tadinya dianggap buang-buang waktu bahkan bisa menjadi lahan mata pencaharian baru dengan pendapatan sampai ratusan juta rupiah. Salah satunya adalah main gim online.

Ya, sepuluh tahun lalu, main game masih dianggap sebagai aktivitas pengisi waktu luang. 

Namun, perkembangan teknologi dan pergeseran tren mengubahnya menjadi tempat meraup keuntungan secara online. 

Sejumlah gamers bahkan memanfaatkan platform seperti Facebook untuk mencari penghasilan tambahan melalui live streaming. 

Bagaimana caranya? Langkah apa saja yang bisa diterapkan untuk menjaring audiensi sekaligus yang dari main game online sembari streaming?



Crowdfunding, jalan mencari uang dari main game di Facebook

Jika ditinjau, sebagian besar gaming streamers yang bermain di Facebook menggunakan crowdfunding untuk mengumpulkan uang. 

Metode-metode yang masuk ke kategori ini mencakup donasi dan program dari platform seperti Facebook Gaming Stars. 

Donasi adalah metode yang paling umum dilakukan karena kemudahan dalam proses dan interaksinya dengan para penggemar setia. 

Sejauh ini, pengguna memang belum bisa membuat donasi di Facebook, tetapi streamer bisa menyusunnya menggunakan platform pihak ketiga seperti Patreon dan Streamlabs. 

Streamlabs merupakan software yang kompatibel dengan Facebook Gaming, sementara Patreon termasuk platform populer bagi content creator yang sudah sering dipakai untuk menggalang donasi.

Selain itu, penggemar dari gaming streamers biasanya memakai sistem stars yang disediakan Facebook atau menjadi pelanggan bulanan. 

Sebelumnya, untuk mendapatkan stars atau menyediakan program berlangganan, kalian sebagai streamer harus jadi bagian dari Level Up Program yang disediakan Facebook.






Bagaimana caranya bergabung di Level Up Program di Facebook?



Untuk mengajukan permohonan bergabung ke Level Up Program, kalian harus memenuhi syarat beserta ketentuan berikut ini:

●Menjadi anggota aktif pada laman Gaming Video Creator selama 30 hari atau lebih;

●Berkaitan dengan game tagged, kalian harus melakukan streaming empat jam selama dua minggu;

● Kalian harus melakukan streaming dua sampai empat hari dalam dua minggu terakhir;

● Kalian harus bermain gim VOD minimal empat jam dari stream yang disimpan di laman gaming (video yang dihapus tak akan dihitung);

● Harus ada minimal 100 orang yang mengikuti laman kalian.






Apa itu Facebook Gaming Stars dan Supporters?



Selanjutnya, ada Facebook Gaming Stars dan Facebook Gaming Supporters yang dapat kalian manfaatkan untuk meraup keuntungan besar melalui streaming game. 

Sistem stars yang diberlakukan Facebook sebenarnya tak jauh berbeda dari Twitch. Stars jadi semacam ‘mata uang’ yang diberikan platform sebagai bentuk dukungan kepada streamers. 

Penggemar yang ingin memakainya harus membeli terlebih dulu di Facebook. 

Masing-masing star dibanderol dengan harga yang setara dengan USD0,1 dan akan dibayarkan kepada streamers saat jumlahnya mencapai 10,000 atau setara USD100.

Kemudian, ada Facebook Gaming Supporters yang terdiri atas penggemar yang telah berlangganan ke kanal gaming streamers di Facebook. 

Untuk menikmati konten, anggota harus membayar kurang lebih USD4,99 per bulan dan bisa dibatalkan kapan saja. 

Beberapa layanan yang akan diterima anggota saat mereka berlangganan mencakup:

● Supporter badge. Ikon badge akan muncul di samping nama anggota saat mereka memberi komentar pada kanal streamer;

● Konten eksklusif. Sebagian besar streamer akan menyediakan konten-konten eksklusif yang hanya diberikan kepada anggota terdaftar. Bentuknya bisa berupa poll, gambar, foto, hingga video. Ada pula yang melakukan streaming terbatas kepada anggota terdaftar saja;

● Kustomisasi stiker. Layanan ini hampir sama dengan emotes yang tersedia di platform lain dan terbilang unik bagi streamer;

● Grup pendukung. Sesuai namanya, grup ini dikhususkan pada anggota yang berlangganan.
Cara-cara alternatif yang bisa dilakukan untuk mengumpulkan uang

Belum terbiasa dengan crowdfunding atau memakai fitur-fitur gaming dari Facebook? Kabar baiknya, masih ada sejumlah cara alternatif yang dapat kalian terapkan untuk menghasilkan uang. 

● Produksi merchandise unik untuk penggemar

Sebagai gaming streamers di Facebook, kalian bisa mengiklankan kanal dengan menjual merchandise di sela-sela sesi streaming atau mencantumkannya di deskripsi profil. 

Akan lebih bagus kalau kalian juga punya website terpisah. Beberapa produk yang bisa dijadikan merchandise adalah kaus, jaket, mug, gantungan kunci, maupun phone case. 

Semakin fungsional, semakin menjual merchandise yang kalian tawarkan.



● Mengikuti program afiliasi untuk program yang disukai


Kalau kalian memakai suatu perangkat tertentu serta sering membahasnya saat streaming, cantumkan saja produk tersebut di deskripsi dan sambungkan dengan tautan afiliasinya. 

Jika ada penggemar yang akhirnya membeli lewat tautan tersebut, kalian akan mendapatkan komisi dari sana.



● Jalin kerja sama dengan pihak pemberi sponsor


Begitu kalian mendapatkan jumlah penggemar yang menjanjikan, mulailah mencari sponsor untuk mendukung streaming di Facebook Gaming. 

Tak sedikit penyedia sponsor yang bersedia memberi dukungan kepada streamer kecil yang rutin menyediakan konten berkualitas dan menjalin hubungan baik dengan penggemar. 

Kalian yang sedang bernegosiasi dengan penyedia sponsor perlu memastikan juga produk atau layanannya cocok dengan niche di kanal Facebook. 

Jika masih ragu, tanyakan pengalaman streamer yang sudah lama menjalin kerja sama dengan penyedia sponsor.



● Tawarkan layanan spesial kepada sesama streamer



Ada beberapa streamer yang menerima penghasilan tambahan dengan membantu sesama content creator pada spesialisasi tertentu. 

Berikut ini ada layanan-layanan spesial yang bisa kalian tawarkan atau tanyakan dari streamer lain untuk mendapatkan uang.

Desain grafis dan branding. Apa kalian punya keahlian dalam desain grafis? Atau cukup pandai dalam branding kanal streaming di Facebook? 

Gunakan kemampuan tersebut untuk memperoleh pendapatan dari streamer yang membutuhkan jasa dengan tarif bersahabat. 

Tak menutup kemungkinan kalian memperoleh promosi dari sesama streamer untuk kepentingan branding.

Content coach. Kalau kalian punya kemampuan dalam merancang dan mengeksekusi konten atau menarik penggemar baru ke kanal, tak ada salahnya untuk mengubah kelihaian tersebut jadi lahan mengumpulkan pundi-pundi uang. 

Apalagi beberapa streamer belum menyadari pentingnya proses pembuatan konten untuk kepentingan kanalnya.

Bantuan troubleshooting. Platform-platform seperti OBS, Streamlabs, dan XSplit tak terlepas dari masalah yang mengganggu proses streaming.

 Kalau kalian termasuk orang-orang yang ahli dalam menangani troubleshooting, kalian bisa memberikan pelatihan kepada streamer lain dengan bayaran yang sanggup mereka penuhi.

Penyuntingan video. Banyak streamer yang ingin mengunggah video kompilasi ke platform lain seperti Youtube, tetapi tak sempat membuatnya atau kurang mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan. 

Kalian yang sudah terbiasa menyunting video dan mendapatkan pengakuan dari streamer lain bisa memasang jasa editing video di kanal Facebook Gaming.


Dari penjelasan di atas, kalian bisa simpulkan ada banyak cara yang bisa dipraktikan untuk meraup untung hingga ratusan juta rupiah dari streaming game di Facebook.

 Jangan lupa jaga konsistensi dan terus belajar untuk memoles kemampuan kalian sebagai gamers streamer profesional.