Beberapa Tips Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif Secara Otodidak

 



Beberapa Tips Belajar Bahasa Inggris Yang Efektif Secara Otodidak  - Hey guys, it's long time not to see you, today i will explain for you about how to learn english with the well steps in an autodidact. 

  Jadi, sebenarnya belajar bahasa Inggris tidak sesulit yang kamu kira loh, dengan adanya niat dari dalam diri dan hati kamu, semua yang akan kamu gapai dengan kerja keras pasti ada hasilnya. 

Nah, dengan menerapkan beberapa tips belajar bahasa Inggris dengan mudah ( ini menurut saya, jika kamu punya cara lain silahkan saja) Jadi, kamu bisa semakin meningkatkan kemampuan bahasa inggris mu. 

  Dengan demikian, kamu tidak perlu gugup apalagi takut ketika harus berbicara bahasa inggris dengan orang lain maupun kepada nativenya speakernya langsung.

  Beberapa tipsnya secara berikut :

   • Menonton film tanpa subtitle

   Kalian sudah menonton ant-man and the wasp, incredibles 2, atau skyscraper di bioskop ataupun di pc atau HP kalian?

   Ya, ini saat yang tepat untuk mengasah kemampuan kamu dalam berbahasa Inggris. Bila biasanya kamu selalu menggunakan subtitle untuk lebih memahami percakapan tokoh-tokohnya, mengapa tidak mencoba untuk menonaktifkan subtitle dan mencerna sendiri apa yang mereka bicarakan?

  • Membuat kamus berisi kosakata

   Apabila ada kata-kata dalam bahasa Inggris yang tidak kamu mengerti, buatlah kamus mu sendiri. Bila perlu, tulislah definisi dari kata tersebut dalam bahasa Inggris juga sehingga pemahaman mu akan bertambah lebih banyak. Kamu bisa membuat kamus tersebut di notes ponsel atau di notebook mu sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

  • Mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan menghafal liriknya

  “Don’t want to close my eyes. I don’t want to fall asleep ‘cause I’d miss you baby and I don’t want to miss a thing.”

  Dengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris yang Anda sukai. Putar berulang kali. Hafalkan liriknya. Bila perlu, terjemahkan kata-kata yang tidak dimengerti sehingga kosakata mu bertambah.

    • Nah, ini yang paling recommend buat kalian, yaitu rajin-rajin berbicara dengan orang asing ataupun orang sekitar secara langsung maupun dalam jaringan

    Ajak keluarga, teman, rekan kerja, atau siapa pun untuk berbicara bahasa Inggris di keseharian. Ini merupakan salah satu tips belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Ingat, practice makes perfect. Dengan terus-menerus berlatih, kamu akan terbiasa untuk mengoptimalkan bahasa ini. Tidak hanya menonjolkan aspek speaking, tapi juga listening.

   Di sisi lain, kamu juga bisa mencoba untuk chatting dengan menggunakan bahasa Inggris.Kamu bisa memulai percakapan dengan “ Hi, how are you? ” lalu berdiskusilah tentang hal-hal yang disukai agar obrolan bisa lebih mengalir. Atau, posting foto di media sosial dengan caption-nya dalam bahasa Inggris juga bisa sangat membantu!

  • Belajar sendiri lewat video di YouTube atau Facebook

   Di dunia digital yang sudah serba canggih ini, jangan lupa untuk memanfaatkan internet. Akseslah berbagai video atau podcast yang bisa membantu Anda memperdalam kemampuan berbahasa asing.

   Oh ya, bermain game dengan bahasa Inggris juga bisa membantu mu meningkatkan kemampuan berbahasa asing, lho! Dengan cara ini juga, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris online.

   • Membaca buku atau menulis

    Membaca buku atau menulis bisa menjadi salah satu tips belajar bahasa Inggris dengan mudah dan cepat. Nah, bila biasanya suka membaca buku berbahasa Indonesia, coba deh sekali-sekali membaca buku berbahasa Inggris.

   Suka menulis? Yuk, coba membuat tulisan dalam bahasa Inggris, lalu minta teman mu yang ahli untuk mengecek soal grammar, struktur penulisan, pengejaan, dan sebagainya.

   Ada yang masih kalian kelirukan? Tidak masalah, namanya juga masih belajar. Yang penting, Kamu sudah memiliki rasa percaya diri dulu!

   • Gunakan aplikasi belajar bahasa Inggris

    Salah satu cara terbaik untuk belajar adalah menggunakan peralatan yang sudah ada yang sehari-harinya sudah Anda gunakan. Lewat smartphone, kamu juga bisa belajar bahasa Inggris, lho.

   Gunakan saja berbagai aplikasi belajar bahasa Inggris yang ada di toko aplikasi di smartphone kamu, baik yang gratis maupun berbayar. Misalnya apk duolingo, cake, dan lain lain. Dengan begitu, kamu bisa belajar bahasa Inggris otodidak dengan lebih mudah dan cepat.

   • Jangan dengarkan ocehan sekitar perihal cemoohan tentang english

  Pasti diantara teman atau sahabat di lingkungan kamu sendiri pernah mengatakan pasal tentang belajar bahasa inggris kamu perihal cemooh yang sangat mengganggu mu dalam proses belajar bahasa inggris? misalnya saja dalam kalimat pernyataan " sok inggris kamu ? " dalam mempraktikkan materinya.

   Nah, tentang itu secara responsif lebih baik orang seperti itu apabila karakteristiknya sangat mengganggu kamu jauhin dan hiraukan saja. Menjauh adalah tindakan yang baik daripada proses belajar kamu terganggu.

Okay, sekian dulu pembahasannya dari saya. See you next time! 😊

Dari buku daftar pustaka yang saya baca :

- Oxford Learner's Dictionary 2015, Entry: English – Pronunciation.

- a b Crystal 2006, pp. 424–426.

- Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, eds. (2017). "English". Glottolog 3.0. Jena, Germany: Max Planck Institute for the Science of Human History.

- The Routes of English.