REVIEW RESIDENT EVIL 2: REMAKE/RE2MAKE/RESIDENT EVIL 2 (2019)



Sekali-sekali gue mau ngeriview game...

((BODO AMAT GUA DIBILANG EDGY SOK BEDA, ELU2 AJA YANG KAGA MERHATIIN DAN GA ANALISIS JUGA. MAYORITAS TAPI ENJAY ENJOY DOANG.))

Ah yes. saya mau ngereview game baru. Biasanya nge review game yang udah umurnya bulanan atau bahkan tahunan, gue pun akhirnya mutusin untuk nge review game yang umurnya baru sebulan lebih ini. Game yang ya, kalian semua hype kan? Sama. Gue juga hype. Gue juga nungguin ini bertahun tahun dari jaman Resident Evil 5 kemaren. Gue juga semangat banget nungguin ini, berharap game ini mau pay respects ke Resident Evil 1.5, satu subjek yang pengaruh ke pandangan gue.

Gimana ya.

Akhirnya rilis, gue beli, dan ya gitu..

Yagitu....

Gua tau kok orang2 bilang ini bagus, gue sendiri bilang ini game oke, gue sendiri nurunin ekspektasi setelah denger orang yang udah main duluan, gue sendiri main kepala kosong, dan ya, ginideh.

Duh.

RESIDENT EVIL 2: REMAKE/RE2MAKE/RESIDENT EVIL 2 (2019)

Menceritak-oh wait. Remake dari game Resident Evil 2 yang legendaris itu di PS1, setelah di remake ke Darkside Chronicles, akhirnya mendapat treatment remake kayak sodaranya dulu, Resident Evil 1 yang akhirnya dimodernisasi, and we all knew how good it is. So. Yeah. Cerita tetap sama, menceritakan Leon Scott Kennedy dan Claire Redfield, dua jiwa yang datang ke Raccoon City, dan akhirnya menemukan mereka terjebak di wabah zombie yang menyebar di akhir September 1998. Leon yang mencari tahu kenapa tidak ada suarapun dari RPD, atau Claire yang mencari kakaknya, Chris Redfield, yang yah, pasti kita inget ada di game RE sebelomnya lah ya, udah legend lah ya, ya intinya bam. Mereka yang mau keluar dari kota ini pun juga akhirnya menghadapi terror dan konspirasi besar besaran dibalik wabah tersebut. Ceritanya gak ada perubahan dari 1998, you know the drill. Mereka kabur dari kotanya. Hore.

GUE SANGAT PUAS Dengan scoring ini game. Bisa dibilang akhirnya scoring RE bisa bagus lagi setelah mayoritas ampas (Yes, gue cuma suka scoring Rev2 setelah 4. Sisanya gembel semua.), akhirnya Resident Evil kembali memberikan musik-dan juga background music yang beneran asli wajib di download. Beberapa background music, bahkan, yang sebenernya remix dari tema aslinya, bisa berdiri sebagai musik yang mendukung atmosfir gamenya. Terlebih, THEME NYA MR X! Asli dah, gue ngerasa kek ini Rob Zombie yang gubah musicnya, beneran kerasa terornya ini kawan besar kita. Atau mungkin, save room theme yang dibuat makin "Sunyi"..tetapi memberikan impresi memang "Safety" yang kita punya hanya sementara. Penggunaan musik dan BGM bukan hanya nilai positif game ini, tetapi juga tata suara dimana kuping kita benar benar dipakai, untuk menghindari Mr.X, atau untuk merasakan terror kota Raccon City. Absolutely perfect, pokoknya!

WALAUPUN Jadi berasa kek game third-person shooter standar, segala cutscene di game ini entah kenapa bisa jauh lebih baik dari berbagai third person shooter yang beredar selama 2 sampai tiga tahun terakhir.Tidak terlalu sinematis dan sok-sok mau kayak film hollywood yang kelas festival itu, Resident Evil 2 Remake justru membuat segala cutscene yang ada di film ini seperti film action-horror klasik era 2002-2005 an-dimana both action and horror ada back to back-atau berjalan bersama. Gue beneran seneng ngeliat adegan yang seram dan serius seperti prolog game ini, atau mulai "action" banget ketika Claire memutuskan untuk head on melawan Birkin Stage 3. Alhasil, Resident Evil 2 Remake terasa seperti film yang benar benar fun., tidak seperti 4, 5, dan 6 yang jor joran aksi plok, dan datar banget setiap scenenya.

Pemakaian third person camera ini justru berjalan dengan sangat baik. Bagi fans veteran yang doyan fixed angle, fuck you, kalian ga mikir. Ini spacenya lebih besar-besar, tidak cramped seperti di REMake ataupun RE0. Third person cam yang ada sejak Dead Aim inipun ya emang jalan terbaik, karena ya kita udah engga terlalu sering di koridor sempit lagi, men. Membantu membuat gameplay menjadi lebih fresh, dan jujur aja jadiin combatnya cukup challenging, sekarang kita diberi free reign untuk nge aim ke zombi-zombi klasik itu, ataupun Birkin! Satu hal yang ditunggu banyak orang sudah dari jaman dulu.

Satisfying banget bisa ngeliat Leon, Ada, RPD, atau Birkin dan bahkan si tahu kotak dibuat kembali dengan grafik jaman sekarang. Gue beneran enjoy ngeliat everything dibawa ke jaman sekarang, bahkan lapangan basket yang legend itu! Atau zombie cewe kaos tanktop merah yang udah legendaris itu, Semuanya terasa seperti melihat apa yang kita lihat dulu di PS1, dengan visual yang nyata. Bringing the terror and memories into reality. Gore graphicsnya juga apik!

Cuma ya gimana ya...

First of all gue mau ngaku kalau gameplaynya borderline medioker, repetitif dan sebenernya ya gimana yak? Nyaris berasa kek RE4 dulu. Go here, get this, solve that, solve this. Udah. Palingan sekarang pake sub-weapon system yang mirip dengan REMake dulu, dan semuanya sekarang mendadak seperti pakem RE7, terlebih inventory system dan juga..dan juga...

TRYHARD MAU NYOBA BUAT LEBIH HORROR DENGAN BUAT ZOMBIE MENDADAK TAHAN 5 HEADSHOT, ATAU BAHKAN BUAT SISTEM NGE BOARD WINDOW PAKE KAYU. NGEBUAT GAME LU LEBIH SUSAH/TEGANG GAK BUAT GAME LU LEBIH SEREM, BEGO, TERLEBIH GAK NYAMBUNG KONTEKS NARATIF. Sejak kapan zombie T-Virus tahan 5 tembakan ke kepala langsung?! HAH? PAKE KALIBER 45 AE MASIH TETEP KAGAK MATI MATI ITU ZOMBIE. Oke, sekarang dibuat lebih susah, head stomp move aja kita gabisa, dan bergantung ama sub weapons buat nge counter zombie. Kita dibuat lebih harus ignore zombie. Cuma gini yak pak de, yang ada orang annoyed bin gedeg duluan ama game lu, bukannya takut atau tegang, men. Jendela bolong, zombie spawn, lu gimana mau ngindarin juga? Making the game harder only to annoy your players. Well, fucking, done. Terlebih window boarding system yang kesannya engga guna dan didnt help a lot, since pas jendela jendela ini udah mulai jebol, Lickers udah mulai masuk. Intinya ini game cuma mempersulit combat biar serem dan tegang, yang ada malah annoyed, asli. (Gue nyoba ketiga difficulty btw) NGEBUAT SEMUA BOSS BATTLENYA STANDAR RE DARI RE4 PUN JUGA GAK BUAT GAMENYA MAKIN HORROR YE, YANG ADA BORING!

But yeah, map tetap bisa di-hafalkan, there is no element of surprise at all in this game, walaupun udah dirubah ini itu, dari map layout, puzzle, atau bahkan objectives. Rasanya ini juga makin pandering ke fans baru dengan membuat map yang 100% sangat membantu bagi mereka yang susah nginget ada item ini itu di ruangan tertentu. Backtracking pun juga makin gampang since rasanya semua pintu leads to somewhere close to the puzzle, or lo diberi reminder, harus kemana.

Jancuk tenan siapapun yang ngasih ide "True Ending" harus ngelewatin AB-Scenario system yang ternyata masih ada, dan true endingnya cuma gitu doang. Replay value pun cuma sekadar buat dapetin hal-hal yang yagitudeh di Records menu, or bahkan, unlimited ammo. Literally replay valuenya malah buat orang pengen uninstall duluan. Dont say anything about 4th Survivor or Tofu. Keduanya literally boring dan..ahem...cek bagian story ya nanti.

IKI KAN REMAKE YA MAS YA......tolong dong contoh REMake sebagai penghormatan dikit, tone tetap samain cuma buat lebih seram dan dark, inij malah mendadak sujud ke RE7. Game RE semua punya identitas tersendiri dan rasanya ini remake benar benar 100% sujud dengan tone, formula, style dan feel yang dimiliki semua rasanya seperti punya RE7. Oke, engine sama. Engine sama gaberarti lu harus plok stylenya sama juga, goblok. Engine 4 sampai REV2 aja sama tapi mereka berasa beda. Masa ini kerasa sujud ke 7, sih? It felt like RE2 Scenario with things from 7. Gak deh!

STORY NYA APALAGI, IKI SIAPA YANG NULIS INI GAME ASSSSSSUUUU, SIAPA YANG NULIS ANJENG ASLI DAH SUMPAH. MO NYOBA GUA GANJA YANG DIPAKE AMA WRITERNYA. Mulai dari perubahan karakter Claire yang mendadak "Gitu", bahkan genit, Ada Wong yang malah kebanting jadi damsel in distress yang gak ada kuat kuatnya (bagian dia gak banget deh), Sherry yang karakterisasinya aneh, gue asli nanya. WHO. THE. FUCK. WROTE. THIS. GAME. Kesannya mereka merubah hal dengan alasan yang diluar konteks apapun, cuma pengen beda. Dan perubahannya enggak welcome banget, for me. Making Kendo cuma jadi alasan Leon mau jadi pribadi yang lebih tangguh. Terror Umbrella yang makin...payah. Annette Birkin yang cuma jadi samsak. Diluar dari karakter-karakter yang yagitudeh, dialog yang jujur kelewat minim sampe gue gangerti gimana caranya orang bisa ngerti sifat mereka...

Kita pun diberikan berkah terbaik. Penulisan story NIR NALAR, NIRKONTEKS, DAN TER GA NYAMBUNG DAN TERBURUK sepanjang sejarah Resident Evil. bahkan, GAMING in general. Menjanjikan cerita yang lebih jelas, realistis dan canon, pemain mendadak mendapatkan EMPAT skenario yang sepertinya SEMUANYA TERPISAH DAN GAK NYAMBUNG. Ngeliat dari sisi logika, game game klasik RE bahkan bisa lebih bebas plothole atau memiliki logika yang lebih make sense, disaat sekarang kita ngeliat empat scenario yang beneran gamasuk akal secara timeline. Realistis? Penulisan bagus? Apaan? Kok Leon ama Claire sama sama harus ngadepin Birkin Stage 3? Ngerjain puzzle yang sama yang ENTAH KENAPA berubah pas di mode second run, semua malah terkesan jadi konyol ketika story game ini engga makes sense. Dari cable car yang kayaknya bolak balik tapi secara lingkup waktu engga mungkin, atau bahkan Mr.X yang di satu skenario mati, tapi di sisi lain, idup. Semua skenario game ini engga ada yang nyambung ke satu sama lain, dan ditulis dengan logika yang kelewat edan. I mean, ini scenario Leon, baik ama B cuma beda gak ke beberapa ruangan (gak sampe 5 ruangan), ketemu karakter yang berbeda, tapi entah kenapa, semua dipaksakan sama. Bertemu si ini, dan si itu. SERBA MAKSA BOS!

DAN SIAPA YANG DESIGN GAMENYA ANJEEEEEEEEEEEEEENG. Gatling gun diatas kerdus, item placement yang makin lama makin random bin gajelas (nyaris ngalahin Dead Aim!), dan juga level yang gaperlu backtrack ala RE-tetapi makin streamline dan "Lurus" sehingga kita sama sekali engga perlu explore total, semua makin buruk ketika map-mapnya entah kenapa berpola dan benar benar gampang dihafal, tampa buka map. Rasanya melawan konsep map yang sudah diupgrade oleh Capcom seperti diatas,

TOLONG. Udah bagus bagus RE7 bisa bentuk horror dan atmosfir yang mumpuni. Ini malah sering kali bergantung dengan jump scare dan keberadaan Mr.X yang basically useless nemesis. Berkali kali gue nemuin ini game cuma ngelempar shock value dengan masukin musuh dengan jumpscare, Mr.X yang ya, gitudeh, cuma jadi tukang kejar (padahal ke overshadow ama Birkin!), jumpscare lagi di game, musuh yang mendadak muncul entah darimana, jumpscare lagi, dan jumpscare lagi. Rasanya formula nya 7 beneran kerasa, in a bad way. Alih alih buat gamenya beda, gue malah nanya. Sejak kapan RE bergantung ama jumpscare, jadi sebelas duabelas dengan filmnya James Wan?

Overall, gua udah uninstall game ini, dan lagi nginstall Resident Evil 0 aja. Kenapa? Ini game gak buruk kok. Oke kok, oke. Cuma tolong buka mata dikit aja untuk game ini. Capek ngeliat praise yang mental semua argumennya. Sebagai veteran franchise ini, Resident Evil 2 Remake adalah percobaan remake yang sukses aja kaga, gagal pun juga kagak, secara kualitas. But still, its still a nice thing ngeliat Resident Evil 2 bangkit lagi, walaupun sama sekali tidak sempurna dan sarat dengan masalah yang terlalu fatal di berbagai bagian. Easter egg soal Welcome Leon, locker Jojo, atau mesumnya Wesker sama sekali gabisa ngasih fanservice ke gue yang udah males duluan ini.

Ahelah, mereka udah ngerjain remake Resident Evil 3: Nemesis pula. Udah itu game sebenernya conceptually broken, mau di remake dengan formula kek gini. Udah deh. Bobrok. Gw nunggu Outbreak remake aja deh.

RESIDENT EVIL 2: REMAKE/RE2MAKE/RESIDENT EVIL 2 (2019)
6.0 out of 10.