Pengertian & Sejarah Lengkap 3D Modelling di Dunia



Pengertian & Sejarah Lengkap 3D Modelling di Dunia - Tahukah kamu apa itu 3D Modelling? Bagaimana sejarahnya? Apa saja tipe-tipenya? Dan mengapa 3D Modelling begitu memegang peranan penting dalam beberapa bidang, khususnya animasi atau film?


Apa itu 3D Modelling?

3D Modelling adalah proses untuk menciptakan objek 3D yang ingin dituangkan dalam bentuk visual nyata, baik secara bentuk, tekstur, dan ukuran objeknya.


Sejarah 3D Modelling

Sejarah awal pemodelan 3D dimulai sebelum PC pertama kali muncul. Semuanya dimulai dengan ide-ide matematika yang ada di balik visualisasi 3D. Bahkan, beberapa ide dasar datang dari Euclid, kadang-kadang disebut sebagai "pendiri geometri", yang hidup pada abad ke-3 SM. Kemudian, Rene Descartes pada 1600-an memberikan geometri analitik dunia, juga dikenal sebagai koordinat geometri, yang memungkinkan untuk secara akurat melacak jarak dan lokasi. Kemudian pada pertengahan abad ke-18, ahli matematika Inggris James Joseph Sylvester menemukan matriks matematika yang sekarang bekerja untuk setiap gambar yang dihasilkan komputer di mana orang dapat melihat refleksi atau distorsi cahaya.

3D Modelling pada tahun 1960 dibuat dengan penggunaan pertama untuk tujuan ilmiah dan teknik. Saat itu, hanya para profesional yang bekerja dengan model matematika dan analisis data saja yang dapat membuat 3D Modelling ini.

Namun, seorang pelopor grafis 3D bernama Ivan Sutherland (pencipta Sketchpad) bersama dengan rekannya David Evans, membuka jurusan teknologi komputer pertama di Universitas Utah dan menarik banyak professional berbakat dari berbagai negara untuk membantu berkontribusi dalam pengembangan industri ini, dan salah satu mahasiswanya adalah Edwin Catmull, selaku Presiden dari Pixar Animation dan Walt Disney Animation Studios.

Kemudian, Sutherland dan Evans membuka perusahaan grafis 3D pertama pada tahun 1969, dan memberi nama “Evans & Sutherland”. Awalnya, pemodelan dan animasi 3D kebanyakan digunakan di televisi dan iklan. Namun, seiring berjalannya waktu, kehadirannya di bidang lain semakin diperlukan.
Tipe 3D Modelling

Ada beberapa tipe dalam 3D Modelling, yaitu
1. Polygonal Modeling
2. Curve Modeling
3. Digital Sculpting


Penerapan 3D Modelling

3D Modelling digunakan dalam berbagai media seperti video game, film, arsitektur, ilustrasi, desain mekanik, iklan komersial atau lainnya.


Ref :
https://ufo3d.com/history-of-3d-modeling
https://idseducation.com/articles/sekilas-tentang-3d-modelling-yang-perlu-kamu-tahu/#:~:text=Awalnya%203D%20Modelling%20diciptakan%20pada,dapat%20membuat%203D%20Modelling%20ini.&text=Awalnya%2C%20pemodelan%20dan%20animasi%203D%20kebanyakan%20digunakan%20di%20televisi%20dan%20iklan.