Apakah Alam Semesta Memiliki Ujung? Bagaimanakah Jawabannya?




Apakah Alam Semesta Memiliki Ujung? Bagaimanakah Jawabannya? - Jarak bumi ke bulan bisa di tempuh dalam 160hari perjalanan menggunakan mobil.

Jarak bumi ke ujung tata surya (neptunus) dapat di tempuh dalam 5022 tahun perjalanan menggunakan mobil.

Tidak terbayang berapa besar ukuran alam semesta ini.

Objek manusia terjauh yang saat ini berada diluar angkasa adalah pesawat anatariksa: Voyager 1.

Dari sudut pandang Voyager, matahari terlihat seperti titik bintang di angkasa. Tapi walaupun setitik, kekuatan matahari masih bisa menarik jutaan komet dan benda langit lainnya untuk membentuk wilayah yang dianamakan OORT CLOUD.

Dengan kecepatan 61.500 km/jam,sejarahnya ia berhasil keluar dari tata surya kita dalam waktu 35 tahun (1977-2012). Tapi untuk Voyager bisa keluar dari OORT CLOUD ini dia butuh waktu yan sangat lama sekitar 30.000 tahun perjalanan.

Tapi ternyata, OORT CLOUD hanyalah satu bagian dari wilayah yang bernama LOCAL INTERSTELLAR CLOUD. Karena sangat mustahi menggunakan ukuran KM , kita bisa menggunakan ukuran tahun cahaya. Kecepatan cahaya = 1milyar km/jam.

Walaupun dengan kecepatan 1milyar km/jam, cahaya masih butuh waktu 4tahun lebih untuk sampai ke bintang paling terdekat kita, yaitu ALPHA CENTAURI

Dan butuh waktu 30tahun bagi objek tercepat di alam semesta ini (cahaya) untuk bisa sampai dari ujung ke ujung LOCAL INTERSTELLAR CLOUD.

Dan ini belum selesai ,jika kita keluar lagi kita bisa lihat keseluruhan dari galaksi kita berada : GALAKSI BIMA SAKTI / MILKY WAY. Kira kira ada sekitar 100milyar – 400milyar bintang seperti matahari, dan 800milyar – 3,2trilyun planet di galaksi kita ini.

Yang mengerikan adalah mungkin disini terlihat penuh bintang, namun taukah kalian ada jutaan bahkan milyaran planet yang hidup didalam kegelapan. Planet tanpa bintang yang hanya mengambang diluar angkasa

Dan ternyata Galaksi kita yang super raksasa dengan trilyunan planet dan bintang, hanyalah 1 dari 54 galaksi berbeda yang ada di LOCAL GROUP.

Dan ayo sekali lagi menghela napas, karena LOCAL GROUP sendiri hanyalah bagian yang sangat sangat mungil dari VIRGO SUPERCLUSTER, disini ada lebih dari 2000 galaksi seperti galaksi kita. 

Yang masing masing berisi bintang dan planet yang tidak terhitung berapa trilyun yang pastinya angkanya sudah mengalhkan inflasi rupiah saat ini.

Dan VIRGO SUPERCLUSTER ternyata hanyalah bagian yang sangat keci dari LANIKEA SUPERCLUSTER. Dan LANIAKEA SUPERCLUSTER adalah wilayah angkasa yang berisi lebih dari 100.000 galaksi seperti kita didalamnya. Dan apakah kita sudah sampai akhir? Jawabannya adalah tidak
Seluruh SUPERCLUSTER ini hanyalah bagian yang bukan lagi kecil, buakn lagi mungil, tapi benar2 seperti debu di OBSERVABLE UNIVERSEatau ujung alam semesta yang dapat diamati, disinilah lebih dari 2trilyun galaksi yang tak terhitung berapa banyak bintang dan planet didalamnya dan menjadi ujung batas pengetahuan manusia tentang besarnya alam semesta untuk sekarang.

Yang kita tau sekarang lewat fisika, alam semsesta diluar pengamatan kita sedang bertumbuh terus, lebih cepat dari kecepatan cahaya. Banyak ilmuwan menduga, bahwa alam semesta kita ini hanyalah satu bagian dari milyaran semseta semesta besar lainnya yang saat ini ujungnya masih menjadi misteri besar yang belum terpecahkan

Pertanyaan
1. Apakah alam semesta tidak berujung?
2. Berhubung sangat luasnya alam semesta ini. Apakah banyak makhluk hidup lain diluar sana ?


Jika ada yang salah mengenai tulisan saya diatas mohon dikoreksi. Terima Kasih.