Pertama Kalinya Dalam 9 Tahun Terakhir, Astronot Kembali Diluncurkan Dari "Tanah Amerika"






Pertama Kalinya Dalam 9 Tahun Terakhir, Astronot Kembali Diluncurkan Dari "Tanah Amerika" - Cuaca buruk yang terjadi pada kesempatan peluncuran pertama tanggal 28 Mei kemarin membuat peluncuran ini ditunda. Namun akhirnya, cuaca hari ini mendukung untuk peluncuran.

Pada pagi ini pukul 02:22 WIB, SpaceX meluncurkan misi Crew Dragon Demo-2 (DM-2) guna mengantar dua astronot NASA yaitu Douglas Hurley dan Robert Behnken menuju International Space Station (ISS) dari Kennedy Space Center, Florida, Amerika Serikat (AS). 

Mereka berdua diluncurkan dengan kapsul Crew Dragon menggunakan roket Falcon 9 milik SpaceX.
Ini merupakan peluncuran astronot dari AS pertama sejak berakhirnya era Space Shuttle pada tahun 2011 lalu. Semenjak itu, NASA mengantar astronotnya ke ISS melalui peluncuran misi kru Soyuz milik Roscosmos (Rusia) dari Kazakhstan.

Peluncuran sendiri berjalan dengan lancar, booster Falcon 9 juga berhasil mendarat di kapal otomatis "Of Course I Still Love You" yang berada di samudera Atlantik. Falcon 9 adalah roket orbital pertama dan satu-satunya di dunia saat ini yang bisa kembali mendarat untuk digunakan kembali.

Saat ini, kapsul Crew Dragon bersama kru didalamnya masih mengorbit Bumi dan akan melakukan serangkaian manuver untuk mencapai ISS.

Proses docking (berlabuh) kapsul di ISS akan dimulai pada malam ini pukul 21:29 WIB dan akan disiarkan secara langsung, (bisa disaksikan di link di awal post).

Peluncuran ini merupakan hasil kerjasama NASA dengan SpaceX dalam program "Commercial Crew" dimana NASA mengontrak perusahaan antariksa swasta AS untuk mulai meluncurkan kembali astronotnya dari "tanah Amerika". Selain SpaceX, NASA juga telah mengontrak Boeing yang saat ini telah mengembangkan kapsul kru mereka yaitu "Starliner".

Misi DM-2 merupakan demonstrasi peluncuran berawak kapsul Crew Dragon. Ditargetkan kapsul sukses berlabuh di ISS serta sukses mendaratkan kembali Hurley dan Behnken nantinya. Keberhasilan misi ini akan membuat Crew Dragon disertifikasi oleh NASA dan layak untuk mengantar astronot NASA ke ISS kedepannya.

Yg mau nonton peluncurannya silahkan klik salah satu: 
Live stream dari NASA: https://youtu.be/pMsvr55cTZ0
Live stream dari SpaceX: https://youtu.be/bIZsnKGV8TE
*Live stream akan terus berjalan hingga proses docking*


Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Crew_Dragon_Demo-2
https://www.spacex.com/launches/
https://www.nasa.gov/specials/dm2/