Kenapa Kuliah luar Negeri lebih baik dibandingkan dalam Negeri? Berikut Alasannya!


Kenapa Kuliah luar Negeri lebih baik dibandingkan dalam Negeri? Berikut Alasannya! - Salah satu persoalan yang kerap dihadapi pelajar SMA yang ingin melanjutkan studinya adalah “kuliah di luar negeri vs di dalam negeri”. Banyak pelajar SMA yang masih dibuat bingung oleh dua pilihan tersebut, Karna banyak faktor menjadi penyebabnya, mulai dari lingkungan sekolah dan pertemanan, pertimbangan dari orang tua dan keluarga, maupun faktor lainnya.

Eitss.. membahas kuliah di luar negeri, bukan berarti Kuliah dalam Negeri itu buruk ya, tapi apa sih yang menyebabkan Kuliah luar Negeri itu lebih baik?

Tentunya ada pilihan tersendiri buat kamu yang ingin melanjutkan pendidikan sampai luar negeri sana. Tapi, ada juga yang mengatakan kenapa tidak kuliah didalam negeri saja kan biaya kuliahnya murah. Semua tanggapan itu pastinya ada sisi positif dan negatifnya.

Atau juga jika terkendala biaya, pasti ada aja yang namanya rezeki, bisa lewat dari beasiswa dari pemerintah, bisa juga kuliah sambil kerja, seperti kak Jerome polin dari penghasilan lewat konten-konten youtube nya, dia bisa kuliah dengan biaya sendiri lewat youtube, lalu ia kuliah di jepang.

Namun, taukah kalian kalau kuliah di luar negeri ternyata ada kelebihan selain masalah biayanya, lho. Walaupun kuliah didalam negeri juga punya kelebihan juga akan tetapi tidak semua perguruan tinggi dalam negeri punya kelebihan tersendiri.


1. Jurusan Kuliah Terbilang Langka

Buat kamu yang kepingin tahu kelebihan kuliah di luar negeri bisa dilihat dari jurusan yang ada disana. Kebanyakan jurusan kuliah disana bisa dikatakan tidak ada didalam negeri. Seperti jurusan tafsir, animasi, perfilman. Jurusan yang disebutkan tadi sangatlah langka di Indonesia. Sebab, perguruan tinggi disana lebih mengutamakan kemajuan zaman dan selalu memikirkan aspek kualitas. Jika kamu kuliah di jurusan langka dapat menjadi peluang bisnis saat kamu berkarier didalam negeri.


2. Kualitas pendidikan dan kurikulum

Beberapa orang memutuskan kuliah di luar negeri dengan pemikiran bahwa kualitas pendidikan di luar negeri akan lebih baik. Alasan tersebut sangat masuk akal karena beberapa bidang ilmu diajarkan lebih spesifik di luar negeri. Pendidikan S1 di luar negeri juga menyediakan program dengan fokus yang lebih beragam disertai fasilitas pendidikan yang modern. Selain itu, kurikulum yang digunakan di luar negeri adalah kurikulum internasional di mana kamu dipersiapkan untuk menjadi lebih kompetitif.

Perguruan tinggi di luar negeri juga memiliki standar kemampuan khusus yang harus telah kamu miliki seperti kemampuan bahasa Inggris, dan lain-lain.


3. Kesiapan mental

Kesiapan mental juga adalah faktor yang harus dipertimbangkan karena akan berpengaruh pada keberlangsungan studimu. Jika kamu ingin kuliah di dalam negeri, sekalipun harus berpisah dari orang tua dan keluarga, kamu masih terbilang “dekat dari rumah” sehingga kamu bisa pulang kapan saja. Selain itu, kamu tidak akan begitu kesulitan beradaptasi karena masih berada di negeri sendiri.

Sementara jika kamu memilih untuk kuliah di luar negeri, kamu harus mempersiapkan mentalmu karena berada sangat jauh dari orang tua. Kamu harus benar-benar mengandalkan dirimu sendiri ketika dikelilingi oleh orang-orang dengan ras, bahasa dan budaya yang berbeda. Kamu juga harus menghadapi cara belajar, pola pikir serta lingkungan yang benar-benar berbeda.


4. Prospek Kerja Jelas

Tujuan kuliah setelah lulus diantara lain ingin bekerja. Dengan sekolah keluar negeri kamu tidak perlu khawatir setelah lulus mau jadi apa. Pihak kampus biasanya akan menawarkan beberapa pekerjaan yang sesuai dengan bidang kamu. Disamping itu kurikulum pendidikan yang ada diluar negeri cukup menjanjikan. Karena mereka menekankan untuk mahasiswanya berkreativitas dalam kemampuannya. Sehingga mahasiswa setelah lulus tidak kaget lagi dalam dunia kerja.


5. Menginginkan Sukses

Siapa sih yang ga mau sukses? Tentu hal ini sangatlah di tunggu-tunggu oleh kebanyakan orang, pasti itu bakalan membanggakan banget, apalagi bisa membawa harum nama negeri. Wah banget ini mah :3
Mulai dari bekal ilmu-ilmu yang diserap selama perkuliahan, tentunya akan lebih mudah untuk kedepannya menghadapi di dunia kerja.

Tapi ada juga lho kak, orang yang gak kuliah tapi dia sukses, kok bisa? Pasti dibalik itu semua adalah hasil dari perjuangannya untuk mencapai kesuksesan, sama seperti kuliah kalau kuliahnya hanya sekedar kuliah tapi, dari kemampuan nya minim mungkin ini yang membuat kita sulit bersaing di dunia kerja.



Sumber :

Education, group. 2020. Kuliah di Luar Negeri VS di Dalam Negeri. https://suneducationgroup,com/news-id/kuliah-di-luar-negeri-vs-dalam-negeri/ . Diakses pada, 12 September 2020.
Rizqi, Nanda. 2020. Kelebihan Kuliah Ke Luar Negeri Dibandingkan di Dalam Negeri. https://www/,niecindonesia,com/kelebihan-kuliah-ke-luar-negeri-dibandingkan-di-dalam-negeri/ . Diakses pada, 12 September 2020.