Berapa Sih Harga Racun Kalajengking Yang Lagi Viral Sekarang? Kenapa Pidato Pak Jokowi Banyak Yang Menggorengnya Padahal Itu Kenyataan & Informasi Yang Baik?



Hallo guys, akhir-akhir lagi viral tentang pidato Presiden Jokowi yang menyebutkan Racun Kalajengking adalah komoditas termahal di dunia setelah emas.

Bahkan harganya tidak main-main. Karena penasaran saya mencoba mencari tahu dan salah satu teman di facebook saya membuat setatus seperti ini:





RACUN KALAJENGKING KOMODITAS TERMAHAL DI DUNIA

Saat saya masih kerja di perusahaan Farmasi saya sdh pernah dengar info bahwa racun Kalajengking sangat mahal. Dan itu dibutuhkan di dunia farmasi.

Ketika Presiden MENCERITAKAN atau MENYAMPAIKAN sebuah fakta yang menarik bahwa komoditas yang paling mahal di dunia adalah racun kalajengking, ada sebagian orang yg menertawakannya dan menganggap Presiden goblok.

Padahal fakta yg beliau sampaikan itu bukan informasi baru. Itu informasi lama. Sudah sangat lama malah. Tetapi mungkin karena mereka kurang melek informasi, maka fakta yg disampaikan oleh Presiden tsb oleh sebagian masyarakat dianggap hoax. Bahkan sebagian masyarakat ada yg menggoblok2an Presiden.

Video Presiden menyampaikan fakta dari informasi yg beliau baca tsb beredar secara viral di grup2 WA. Salah satunya mampir ke grup WA istri saya. Karena suaminya pernah kerja di perusahaan Farmasi, maka bertanyalah istri  saya ke saya. Dan saya jelaskan informasi yg sudah lama sekali saya dengar itu. Tetapi informasi yg saya tahu, dulu harganya tidak sebesar yg disampaikan oleh Presiden.

Karena harga racun kalajengking per galon yg disampaikan Presiden nilainya ratusan milyar (jika dirupiahkan), maka saya pun penasaran. Apa benar sudah segitu mahalnya sekarang ? Beberapa tahun dulu yg saya dengar harganya memang sangat mahal. Bisa sampai puluhan milyar segalon. Namun tidak sampai ratusan milyar. Itu pun hanya jenis kalajengking tertentu.

Karena penasaran, lantas saya browsing. Saya benar2 kaget. Bahkan price yg disampaikan oleh Presiden dalam pidatonya tsb, hanya seperempat dari market price.

Ada sebagian masyarakat yg menyamakan racun kalajengking dg minyak kalajengking yg banyak dijual oleh para pedagang obat pinggir jalan. Mungkin orang tersebut memang tidak bisa membedakan antara minyak dengan racun. Ya kita maklumi saja. Nggak perlu kita goblok2an. Namanya juga nggak paham dan nggak melek informasi, meskipun hidup di era teknologi informasi.

Jika seseorang kurang melek informasi dan kemudian ditunjukkan informasi, yg merupakan sebuah fakta, lantas malah menggoblok2an pemberi informasi, kira2 yg goblok siapa ?








Ya memang harganya bisa mencapai 145 M perliternya. Namun, sebenarnya banyak sekali orang bodoh yang memutar balikan atau menggoreng isu ini sebagai sesuatu yang goblok untuk dilakukan, padahal di pidato tersebut Pak Jokowi seperti menyindir penjabat yang ingin kaya lewat korupsi.

Tapi, ya namanya juga banyak yang suka mencari kesalahan jadinya apapun yang dikatakan pak Jokowi pasti selalu salah.


Dan ada satu foto di sosmed yang membuat saya tertarik.



Jadi kesimpulannya yang cerdas bisa mencerna hal seperti itu.


Bagaimana menurut kalian?