Apa Itu RAM, ROM & Prosesor Pada Smartphone? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

 



Apa Itu RAM, ROM & Prosesor Pada Smartphone? Berikut Penjelasan Lengkapnya! Apa itu RAM, ROM atau pun Prosesor? Nah buat kalian yang sedang mencari Smartphone untuk mengetahui fungsi dari masing-masing yang tadi saya sebutkan itu sangatlah penting.

Sebelum kalian membeli smartphone kalian pasti mencari spesifikasinya terlebih dahulu bukan?, seperti RAM, ROM, Dan Prosesor yang digunakan pada smartphone.

Nah kali ini saya memberikan beberapa pertimbangan kepada kalian sobat dalam memilih smartphone, Ok cus aja!.

1. RAM 

RAM atau yang memiliki nama asli Random Access Memory adalah Hardware yang berfungsi untuk menjalankan tugas di depan dan dibelakang layar, semakin banyak RAM maka semakin banyak pula aplikasi yang dapat berjalan bersamaan (multitasking).

Pada RAM pula sistem operasi dan fitur-fitur tanaman oleh vendor smartphone berjalan, so jangan heran ya kalo RAM kalian penuh tapi gada tugas yang berjalan sama sekali. Bisa jadi itu ulah si sistem operasi dan fitur tanaman vendor pada smartphone.

RAM juga memiliki beberapa generasi seperti DDR3, dan LPDDR4X yang umum digunakan pada smartphone saat ini.

2. ROM

Hayo siapa di sini yang sukanya simpen file-file gede kaya video, game ,dan foto?, dimana sih mereka berada?, nah pada ROM ini nih File-file yang kalian koleksi dan sistem operasi itu di simpan.

ROM atau yang memiliki nama asli Read Only Memory merupakan sebuah hardware yang berkerja untuk menyimpan data pada smartphone, sama seperti RAM namun pada ROM file di partisi menjadi beberapa Folder sehingga prosesor dapat mengakses file lebih cepat.

Berbeda dengan RAM, ROM mampu menyimpan file lebih lama yaitu mencapai 10 tahun, namun ROM tidak memiliki Kecepatan transfer yang tinggi seperti RAM, seperti pada UFS 3.0 yang memiliki kecepatan transfer puncak 2.9GB/s, dan Jauh dari ram LPDDR4X yang mampu melakukan kecepatan transfer 34.1GB/s.

3. Prosesor

🧑🏻‍💼: Wah mantep nih Prosesor naga kepala 8××, eh kok Quadcore?, ah gak jadi deh.

👨🏻‍💼: eh kok ga jadi mas?, mas?.

Oke jadi begini Prosesor merupakan komponen inti dan merupakan otak dari smartphone, Prosesor inilah yang menjadi juru kunci dari berjalannya smartphone. 

dari jenisnya Prosesor di bagi menjadi 6 jenis yaitu:

1. Single Core (1 inti)

2. Dual Core (2 inti)

3. Quad Core (4 inti)

4. Hexa Core (6 inti)

5. Octa Core (8 inti)

6. Deca Core (10 inti)

semakin banyak inti (Core) pada Sebuah Prosesor maka semakin banyak pula tugas yang mampu dijalankan oleh prosesor secara bersamaan, namun ada beberapa aspek lain seperti terdapatnya core kecil dan core besar yang disebut dengan teknologi big.LITTLE, pada teknologi big.LITTLE biasanya terdapat lebih dari 2 cluster inti prosesor, 1 cluster di huni oleh core besar seperti:  Cortex A76, A75, A73, dan A72, 1 cluster lainnya di huni oleh core kecil seperti: Cortex A53, A55, dan A57.

4. Modul Kamera

Siapa di sini yg hobi banget fotografi?, tentu modul kamera adalah salah satu yang paling penting untuk mengabadikan setiap momen entah itu bersama keluarga, bersama pasangan, atau bersama teman.

Modul kamera adalah sensor yang bertugas untuk menangkap cahaya dan mengkonversinya menjadi gambar, beberapa modul kamera memiliki kemampuan untuk melakukan pixel binning. Yaitu kemampuan untuk meningkatkan kualitas resolusi foto menjadi 4 kali lipat dari sebelumnya.

Misalkan pada spesifikasi tertera 48/64MP kamera namun setelah di cek kok cuma 12/16MP?. jadi yg 48 dan 64 MP bukanlah gimmick belaka, namun itu merupakan gambaran hasil konversi yang dilakukan secara otomatis oleh modul dan ISP Kamera.

Kesimpulan: 

Dari beberapa aspek di atas, ada beberapa aspek lain seperti resolusi panel layar, dan sistem operasi. Pada beberapa kasus terdapat 2 smartphone yg memiliki spesifikasi 11/12 namun di beberapa aplikasi salah satu smartphone tidak dapat berjalan maksimal sebab Sistem operasi yang membatasi kinerja hardware. 

So bagi kalian yang ingin membeli smartphone baru coba sesuaikan dengan kebutuhan sekaligus budget kalian masing-masing, biar gada kalimat menyesal setelah membeli. Dan jangan lupa sebelum membeli smartphone lihat dahulu dibeberapa forum, lihat keluhannya, lihat keluh kesahnya, dan lihat pula penggunanya.

Sekian Terimakasih!.