MENGENAL ISTILAH AM & PM UNTUK MENUNJUKKAN WAKTU

 

MENGENAL ISTILAH AM & PM UNTUK MENUNJUKKAN WAKTU - Halo guys! Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Istilah AM dan PM Untuk Menunjukkan Waktu, mari kita simak bersama.


Pengertian AM dan PM

     AM diambil dari bahasa latin yang memiliki kepanjangan Ante Meridiem, jika diterjemahkan ke Bahasa Inggris memiliki arti before midday atau sebelum tengah hari.

     Sedangkan PM, merupakan singkatan dari Post Meridiem yang memiliki arti after midday atau setelah jam 12 siang.


 Beberapa Cara Penulisan AM (Ante Meridiem) dan PM (Post Meridiem)

• AM - PM

• am - pm

• a.m. - p.m.

• A.M. - P.M.

     Penggunaan istilah AM dan PM digunakan untuk waktu yang menggunakan format 12 jam, jika biasanya kita menggunakan format 24 jam yang mana waktu terbagi dari jam 00:00 - 23:59, namun dalam format 12 jam, waktu terbagi pada jam 12:00 AM - 11:59 AM dan 12:00 PM - 11:59 PM.

     Penjelasan lebih mudahnya seperti ini, AM dimulai pada jam 12:00 malam sampai jam 11:59 pagi, sedangkan PM dimulai pada jam 12:00 siang sampai jam 11:59 malam.

Untuk lebih jelasnya, penggunaan format 12 jam beserta contohnya adalah sebagai berikut :


WAKTU AM

• 12:00 AM - 11:59 AM

Waktu AM dimulai pada jam 12:00 malam hingga jam 11:59 pagi.

Contoh :

• I go to work at 6 AM (saya berangkat kerja pada jam 6 pagi).

• I take a break from work at 10 AM (saya istirahat kerja pada jam 10 pagi).



WAKTU PM

• 12:00 PM - 11:59 PM

Waktu PM dimulai pada jam 12:00 siang hingga jam 11:59 malam.

Contoh :

• I come home from work at 4 PM (saya pulang kerja pada jam 4 sore).

• I watch a movie at 11 PM (saya menonton film pada jam 11 malam).


Sekian dari saya, semoga bermanfaat.