Resep Cara Membuat Pempek Lenjer Khas Palembang Yang Lezat



Hallo bun, seperti biasa saya akan membagikan informasi yang bermanfaat buat bunda sekalian. Kali ini saya mau share nih resep makanan khas Palembang bun yang sangat terkenal di Indonesia bahkan di luar negeri.

Yups, siapa juga yang tidak kenal dengan Pempek Lenjer khas Palembang yang gurih dan maknyuss.
Makanan ini sangat digemari sekali, bahkan menjadi oleh-oleh yang wajib ketika berkunjung ke Palembang. Namun bagaimana jika kita ingin merasai pempek lanjer tapi gak ada duit buat ke Palembang? Tentu saja kita bisa membuatnya sendiri bun, dan gak ribet kok.

Gak percaya? Ini dia Resep Cara Membuat Pempek Lanjer Khas Palembang Yang Lezat:

Bahan - Bahan:

  • 500 gram ikan tenggiri halus
  • 200 ml air es
  • 1 sendok makan garam
  • 1/2 sendok makan penyedap rasa atau sesuai selera
  • 300 gram sagu tani
  • 200 gram sagu tani untuk tambahan (olesan ditangan)


CARA MEMBUATNYA:

1. Campur ikan tenggiri halus dengan air es menjadi satu, Masukkan garam dan penyedap rasa, aduk sambil dituangkan kembali air es sehingga tercampur rata.
2. Masukkan sagu sedikit demi sedikit sambil kita aduk sehingga menjadi adonan yang bisa dibentuk. Jika adonan belum bisa dibentuk, dapat ditambahkan tepung sagu lagi.
3. Timbang adonan sesuai dengan besar yang kita kehendaki, lalu kita bentuk bulat lonjong. Lakukan hal yang sama sampai adonan pempek tadi habis.
4. Didihkan air ke dalam panci berukuran sedang, tambahkan sedikit minyak sayur. Rebus adonan pempek yang sudah dibentuk hingga matang dan mengapung. Lalu angkat dan tiriskan dan biarkan sampai dingin.
5. Jika Pempek sudah dingin, Panaskan miyak dengan api sedang, goreng sampai kering dan kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
6. Pempek di potong-potong, letakkan dan susun didalam piring saji, kemudian tambahkan bahan pelengkap dan tuangkan kuah cuka pempek. Segera hidangkan.


Mudahkan?

Bantu share ya bun ^_^