5 Penyebab Kamu Mengalami Insomnia dan Cara Mengatasinya



5 Penyebab Kamu Mengalami Insomnia dan Cara Mengatasinya - Apa akhir-akhir ini kamu mengalami kesulitan tidur? Atau kamu mengalami terbangun saat tengah malam dan terjaga hingga pagi datang? Maka kamu sedang mengalami Insomnia. Insomnia sendiri merupakan masalah klasik yang menguras energi, mood, kebugaran tubuh, dan kemampuan beraktivitas. kamu selama hari ke depan. Tapi kalau sudah parah maka akan menjadi masalah kesehatan yang serius.


Insomnia adalah.....


Seseorang yang mengalami kesulitan tidur, dan ketidakmampuan untuk mendapatkan jumlah tidur yang kamu butuhkan hingga pagi hari. 

Gangguan tidur ini juga sangat bervariasi dalam beberapa lama dan beberapa seringnya terjadi, jangka pendek (insomnia akut) dan bertahan lama (insomnia akut). Gangguan ini bisa datang dan terjadi kapan pun meski awalnya kamu tidak memiliki masalah tidur.


Lalu apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya?

Berikut 5 Penyebab Kamu Mengalami Insomnia dan Cara Mengatasinya:


1. Kondisi Mental 

Masalah kondisi mental yang sangat sering mempengaruhi masalah tidur seseorang. Misalnya kondisi saat kamu merasa cemas.depresi berlebihan maka akan mengganggu pola tidur kamu. Atau juga ada saat dimana orang yang mengalami kecemasan dan depresi berlebihan akan susah tidur saat malam, akan tetapi bisa tidur banyak pada pagi hingga sore hari. 

Ini merupakan hal yang bisa menganggu kesehatan.


2. Mempunyai Sindrom Kaki Gelisah

Sindrom kaki gelisah atau RLS merupakan perasaan sensasi yang tidak mengenakan di kaki, sehingga membuat penderitanya tidak nyaman untuk tidur. Meski sudah diatasi pun bukan berarti si penderita bisa langsung terlelap untuk tidur. Penyebabnya karena tingkat abnormal tinggi dari neurotransmitter yang terlibat karena peningkatan gairah, bisa juga disebut dengan glutamat.


3. Sibuk Bermain Gadget Ketika Waktu Seharusnya Tidur

Ini masalah yang banyak dialami orang-orang, karena sulit untuk melepas gadget dari diri mereka karena memang teknologi itu cukup kejam jika kamu mengalaminya. Saat kamu hendak tidur, akan tetapi kamu tidak bisa memejamkan mata karena bosan dan terpikirkan sesuatu yang harus kamu menggunakan gadget kamu untuk bermain sosmed sehingga berjam-jam kamu pun tidak tidur, dan saat ingin memulai kembali tidur kamu pun tak bisa melakukannya.


4. Terlalu Banyak Minum Kopi

Minuman seperti Kopi mengandung kafein yang bisa membuat kamu sulit untuk tidur. Sebenarnya kafein memiliki paruh usia hingga 8-10 jam (artinya setengah porsi kafein porsi terakhir dalam tubuh kamu masih tertinggal dalam waktu 8-10 jam) sehingga meminum banyak kopi akan membuat kamu sudah untuk terlelap.


5. Kamu Tidur Terlalu Cepat

90% dari penderita insomnia tidur terlalu cepat dari jadwalnya. Walau kedengarannya tidak efektif, akan tetapi terjaga lebih lama akan akan mengirim sinyal kepada sistem homeostastik tubuh bahwa kamu memerlukan lebih banyak untuk tidur. Dan jika kamu benar-benar tidur maka kamu akan lebih cepat untuk terlelap dan bermimpi indah.


Apakah informasi yang saya berikan cukup bermanfaat? Semoga bisa membantu kamu yang sedang sulit tidur ya.