Sejarah Singkat Berdirinya Menara Pisa yang Sempat Bermasalah


Sejarah Singkat Berdirinya Menara Pisa yang Sempat Bermasalah - Awal pembangunan menara ini berjalan lancar. Namun pada 1178, mulai terlihat ada permasalahan pembangunan menara ini, yaitu bangunan menara yang miring. Saat itu, pembangunan lantai kedua menara Pisa baru dimulai.

Rupanya, menara Pisa dibangun di atas tanah yang komposisinya terdiri dari tanah liat, pasir halus, dan kerang. Komposisi tanah ini disebabkan oleh kota Pisa terletak di antara sungai Arno dan Serchio.

Setelahnya, pembangunan menara ini sempat terhenti selama 100 tahun. Saat itu keadaan sedang sulit dan perang terjadi antara Pisa melawan Genoa, Lucca, dan Florence.

Menurut ahli, jika saja saat itu pembangunan terus dilanjutkan, menaranya bisa rubuh. Waktu di mana pembangunan dihentikan rupanya juga memberi waktu bagi tanah di bawahnya untuk mengendap. Setelah 100 tahun berlalu, pembangunan menara Pisa kembali dilanjutkan. Saat itu, menara Pisa condong 0,2 derajat ke utara.

Kemudian, saat para pekerja mulai membangun bagian lantai tujuh, menara Pisa miring satu derajat ke arah selatan. Setelahnya, pembangunan menara ini kembali terhenti,

Berhentinya pembangunan menara Pisa yang kedua kalinya ini juga berlangsung selama sekitar 100 tahun. Selama pembangunan terhenti, menara ini semakin miring 1,6 derajat ke selatan. Akhirnya saat dilanjutkan, pembangun menara menyetujui untuk membuat sisa menara lebih tinggi di bagian selatan. Ini dilakukan agar menara tidak tampak miring.

Namun, beban dari bagian yang dibuat lebih tinggi rupanya justru membuat bangunan menara semakin tenggelam ke tanah dan semakin miring. Pembangunan menara inipun dinyatakan selesai pada tahun 1370.

Tapi, setelah selesaipun banyak teknisi dan arsitek dari seluruh penjuru dunia memantau dan berusaha memperbaiki kemiringan menara Pisa. Berbagai cara dilakukan untuk mencegah menara Pisa semakin miring.

Salah satunya pada 2008, sebanyak 70 metrik ton tanah diangkat dari tempat menara Pisa berdiri. Menurut ahli, inilah untuk pertama kalinya menara Pisa stabil dan berhenti bergerak sejak pertama kali didirikan. Sekarang, kemiringan menara Pisa sekitar 4 derajat dan diperkirakan tidak akan bergerak sampai sekitar 200 tahun mendatang.