2 Cara Mengatasi "You don't have permission to shut down this computer" pada Windows 7


2 Cara Mengatasi "You don't have permission to shut down this computer" pada Windows 7 -  Dukungan serta update keamanan untuk Windows 7 sudah dihentikan oleh Microsoft belum lama ini. Pengguna yang masih menggunakan Windows 7 pun mengalami beberapa isu yang mengganggu dimana komputer nya tak bisa dimatikan dan muncul pesan aneh.

Masalah tersebut ditemukan dan dilaporkan oleh beberapa pengguna Windows 7 dengan keterangan pesan berbunyi "You don't have permission to shut down this computer" setiap pengguna ingin me-restart dan mematikan komputer mereka.

Masalah ini berasal dari bug yang ada di Windows 7 dan belum diketahui pasti asalnya darimana. Namun dengan cepat pengguna yang mengalami masalah tersebut telah menemukan solusi nya.

Terdapat dua cara yang bisa dilakukan pengguna untuk menghentikan pesan mengganggu tersebut yaitu dengan sementara atau permanen.


A. Cara Mengatasi pesan "You don't have permission to shut down this computer" di Windows 7 Secara Sementara


Cara ini ditemukan oleh pengguna Reddit dan sangat mudah dilakukan oleh siapa saja.

1. Buat akun admin baru
2. Login menggunakan akun admin tersebut
3. Lanjutkan dengan login kembali ke akun admin default
4. Matikan atau Restart komputer seperti biasa

Dengan menggunakan cara ini, kalian masih bisa mematikan komputer namun kalian harus melakukan hal yang sama setiap kali ingin memtaikan komputer atau me-restart nya.


B. Cara Mengatasi pesan "You don't have permission to shut down this computer" di Windows 7 Secara Permanen


Cara ini akan menghentikan pesan tersebut secara permanen, tapi harus diketahui bahwa cara ini bisa dikatakan tidak resmi karena harus mengedit file windows yang mungkin pada beberapa komputer akan mengalami masalah.

1. Tekan pada keyboard Windows+R untuk membuka jendela baru Run
2. ketikkan gpedit.mcs dan tekan enter
3. Di jendela Group Policy Editor, masuk ke Computer Configuration > Windows Settings > Security Settings > Local Policies > Security Options.
4. Di panel sebelah kanan opsi Security Options, cari dan double klik "User Account Control: Run all administrators in Admin Approval Mode."
5. Di jendela baru, klik Enable.
6. Kembali buka jendela Run, kali ini ketik "gpupdate /force" dan tekan Enter. Ini akan meng-update semua kebijakan grup.
7. Restart atau matikan komputer seperti biasa.

Voila, dengan dua cara tersebut seharusnya masalah tidak bisa mematikan atau me-restart komputer bisa teratasi. Selamat jumpa di lain thread, see you.