8 Hobi yang Bisa Kamu Jadikan Uang! Cocok Untuk Kaum Rebahan!



8 Hobi yang Bisa Kamu Jadikan Uang! Cocok Untuk Kaum Rebahan! - Pernahkan kita berduka betapa susahnya mencari lowongan pekerjaan? disini mari kita bahas dan cari tau hobi anda yg mungkin bisa menjadikan uang. entah itu freelance, influence , bloger, photograph, penulis, vlog, multimedia atau hanya kaum rebahan yang hanya stalker atau maniac bersosial media?
Tenang, Disini kemudian anda bisa mendapatkan uang dari mengisi waktu luang.
seperti yang kita tau, internet adalah media/teknologi yang sangat besar dan berkembang secara pesat. maka dari itu banyak orang berbisnis disini karena mampu menjangkau orang luas hanya dengan informasi atau prodak yg mungkin mereka jual.
namun disini saya akan membahas dan mengedepankan yg mungkin hobi anda dan bisa menjadikannya uang. simak baik baik karna akan sangat panjang :v
berikut list yang saya ketahui dan pernah saya alami.


1 .Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah sebuah teknologi membuat mata uang digital. Teknologi ini menggunakan kriptografi untuk keamanan yang membuatnya tidak dapat dipalsukan. Cryptocurrency sangat marak dikembangkan oleh berbagai perusahaan dan team engineer di berbagai belahan dunia. Bahkan Google Ventures juga berinvestasi di salah satu teknologi cryptocurrency. Beberapa cryptocurrency memiliki berbagai konsep yang berbeda dan beberapa memiliki konsep yang meniru koin lainnya. seperti Bitcoin, salah satu mata uang digital cryptocurrency yang saat ini memiliki nilai atau harga 78juta+ (saat artikel ini saya buat). sempat turun karna wabah Corona.

Karna harga bitcoin bukan hanya tergantung permintaan pasar, ekonomi dan sosial juga berpengaruh pada harganya.

Lalu mengapa saya menempatkan cryptocurrency pada urutan pertama?

Karena pada setiap konsep cryptocurrency berbeda beda. ada yang berfokus pada mata uang pertukaran transparant seperti Bitcoin, ada yang berfokus pada Marketplace atau jual beli, ada yang berfokus dalam platform sosial media seperti facebook,instagram, vk, linkedin, atau akses messaging seperti whatsapp dan telegram. namun saat kita berkontribusi/mengupload like comment beraktifitas bisa mendapatkan uang, ada yang berplatform pada game, photografi, vidio, bloger/penulis, bahkan hampir semua mencakup aktifitas media sosial kita dibayar menggunakan koin yang kemudian akan bisa kita jual di pasar :(market/bursa/pertukaran mata uang digital).
bahkan dalam 3 tahun ini saya sudah mendapatkan lebih dari 100juta++ hasil gratis dari partisipasi

Airdrop: (marketing/membantu memasarkan perusahaan blockchain atau cryptocurrency yang masih startup. namun saya tidak pernah melakukan trading sama sekali, selalu menjual koin sesuai harga pasar.
selain itu, cryptocurrency/blockchain telah masuk dalam daftar 15 technologies of next decade:
1. AI (Artificial Intelligence)
2. IoT⌚️
3. Blockchain ⛓
4. 3D print🖨
5. mobile📱
6. autonomous cars🚗
7. mobile internet💻
8. robotics🤖
9. VR/AR👓
10. wireless power🔋
11. quantum compute🖥
12. 5G📡
13. voice assistant🎙
14. cybersecurity🔒
15. cloud☁️

2. Penulis

Jika anda hobi menulis maka anda bisa mencoba memulai menulis dengan mendapatkan uang tentunya dari hobi anda. seperti yang kita tau, blogger/web yang bisa kita menulis artikel/cerita/konten apapun kita bisa mendapatkan uang juga, jika memasang adsense entah dari perusahaan besar seperti google atau advertiser lainnya, bahkan salah satu cryptocurrency¹/blockchain kini menjadi advertiser terbesar pula.

Maka ketika anda menulis dalam platform blockchain artikel akan mendapatkan loyalitas / hadiah seperti di steemit, /steem : media sosial berbasis blockchain . Hasilkan Steem dan Steem Dolar (aset soft-pegged USD) untuk setiap post/artikel yang dikirim, komentar, dan dikuratori. Minat pengguna utama: saran, keuangan / ekonomi. Peringkat Alexa: 5.255. Mirip dengan: Reddit.

Selain steemit, ada pula Narrative : media sosial yang diatur pengguna untuk para blogger/penulis. Kita bisa Mendapatkan token/koin NRVE untuk setiap artkel/tulisan yang diposkan, komentar, dikuratori, dan memiliki ceruk sendiri. Peringkat Alexa: 129.990. Mirip dengan: Medium.

Read cash , Publish0x dan masih banyak lainnya platform bloger untuk menulis dan mendapatkan bayaran berupa uang digital, paypal, payeer dll tanpa harus monetisasi tulisan anda.
Salah satunya adapula PixbyToken : Platform untuk Freelance.
selebihnya bisa tanya si mbah gugel

3. Vidio / Vlogger

Selain Youtube, ternyata banyak pula perusahaan besar yang membayar para content creator berbentuk vidio ini. disisi membuat youtube jika ingin mendapatkan uang harus memasang adsense atau monetisasi baru mendapatkan upah, berbeda dengan beberapa list platform vidio / vlog yang akan saya bagikan. masih berbentuk dalam bayaran blockchain / uang digital lainnya.
Salah satunya -Bitchute : P2P, platform berbagi video web torrent . Monetisasi tersedia melalui Bitbacker, Pembayaran koin, dan lainnya. Minat pengguna utama: politik / aktivisme. Peringkat Alexa: 4.024. Mirip dengan: Youtube.

Jika anda seorang gamers dan mau mendapatkan loyalitas tanpa harus memonetisasi maka ada platform lainnnya.

-Dlive: Platform berbagi video berbasis Lino blockchain.
Sebelumnya dibangun di blockchain Steem. Hasilkan poin Lino untuk vidio yg di poskan. Minat pengguna utama: bermain game (streaming langsung), animasi, analitik. Peringkat Alexa: 5.748.

Mirip dengan:Youtube.
Ada pula -Dtube: Berbasis IPFS , Steem blockchain dapp. Platform berbagi video . Hasilkan Steem untuk diposkan dan dikuratori. Minat pengguna utama: berita, seni visual. Peringkat Alexa: 24.832.

Mirip dengan: Youtube.
dan masih banyak lagi platform berbagi vidio / vlog lainnya selain youtube, namun jika anda seorang youtubers pastinya sangat mudah untuk mencoba hal baru diatas untuk mendapatkan tambahan seperti di snapparazi atau platform diatas.

4. Fotografi / photograph / Desaign Art

Jika anda menyukai seni photo , entah sekedar memfoto atau bahkan mengedit foto.
maka ada - Shutterstock : adalah salah satu microstock terbesar di dunia yang mana semua orang bisa berjualan aset digital berupa foto, logo, background, pattern, musik, video, ilustrasi atau masih banyak lagi lainya. kita bisa menjual karya seni photo atau design salah satunya disini. ketika kita mengupload foto dan kemudian ada yang mendownload / membeli jika ingin mendapatkan lisensi dari foto tersebut maka anda akan mendapatkan pundi pundi rupiah Passive Income, $100-1000 Dollar tergantung keunikan karya seni anda. kita bisa me-withdraw/menarik dollar ke akun paypal atau visa.

Selain Shutterstock, ada pula -Socialx: adalah platform berbagi Foto dan video berbasis blockchain . Hasilkan koin SOCX untuk setiap kontribusi dan lisensi. Peringkat Alexa: 2.030.873. Mirip dengan: Instagram.

Maka jika anda hanya hobi berbagi atau mungkin seorang traveling, kenapa anda tidak mencoba membawa camera dan mulai memfoto dan bersosial media atau mungkin menjual karya seni foto anda.

5. Marketplace / Toko Jual beli online blockchain

Menurut pendiri Alibaba. Jack Ma, "Teknologi Blockchain bisa mengubah dunia kita lebih dari yang dibayangkan orang."
bahkan Michael Casey dari MIT Digital Currency Initiative menjelaskan blockchain sebagai metode baru dalam pencatatan.
Ini adalah sistem terdesentralisasi dari banyak komputer di seluruh dunia, yang bekerja bersama untuk menghasilkan buku besar yang didistribusikan untuk menyimpan catatan transaksi pasar (blockchain).

Ada dua cara blockchain dapat memberdayakan platform pasar ecommerce multi-vendor online/marketplace:

1.sebagai teknologi pasar utama.
2.meningkatkan pasar tradisional dengan alat bertenaga blockchain.

Marketplace sama seperti toko jual beli online lainnya, bisa menjual pakaian , elektronik, makanan bahkan tak hanya itu, karya seni ; design grafis, foto , meme , kartun etc dapat diperjual belikan disini. itulah kelebihan marketplace blockchain.

Salah satu marketplace adalah Origin Protocol yang kemarin di indonesia sendiri viral karna masuk bursa / market terbesar di dunia ; Binance.
dan untuk marketplace penjualan karya seni seperti seperti foto / design / meme ada MemeToken :

Sebuah platform pembuatan , koleksi , dan pertukaran karya seni meme.
dan masih banyak lagi platform marketplace lainnya, selain menjual - membeli ditoko online atau menjadi dropship kita bisa memanfaatkan teknologi yang ada.

6. Game / Gaming

Nah ini khusus buat kamu para gamers yakan, selain akan mendapatkan uang dari hobi game dengan cara jadi pengiklan/endorse merk alat game dan youtubers, atau bahkan ikut lomba E-Sport (Elektronik Sport ; perlombaan game online)
ada pula platform game ; lagi lagi blockchain.
yang akan membayar anda ketika bermain game , lomba / kompetisi , Merakit game/alur cerita , dan berpartisipasi dalam game tersebut. ( ingat , jauhi game dengan platform berjudi : gambling : tebak skor = dosa ditanggung pemenang)

Ada banyak perusahaan game , khususnya blockchain dalam bidang smartcontract ; Ethereum / EOS / Tron.

Lebih tepatnya DApps ; Decentralized aplications.
dimana kebanyakan website nya menggunakan Web3 dengan front-end untuk menjalankan DApps tersebut. dalam beberapa game kebanyakan menggunakan DApps ini , tentu saja game akan menjadi user friendly dan mudah untuk bermain game hanya dengan browser di smartphone terlebih di komputer kita.

Ada banyak sekali game dalam blockchain.

7. Developer / Design Web / Front-End

Jika anda salah satu designer website , atau tukang ngoding, frent-end dan lain lain, banyak sekali pekerjaan web design ditahun ini, bukan hanya jasa pembuatan web untuk online shop / marketplace atau e-commerce. tapi banyak startup blockchain seperti contoh diatas dan startup perusahaan lainnya diinternet. jasa pembuatan situs diblockchain biasanya $500-$1000 tergantung tampilan design web dalam platform nya.

8. Sosial Media

Media sosial adalah sebuah topik yang apabila dibicarakan, tidak akan pernah ada habisnya. Terlebih lagi begitu banyak kontroversi yang terkait di media sosial, dimulai dari permasalahan kebocoran data, penyebaran konten-konten negatif yang sulit untuk dikontrol, akun palsu, sampai dengan kurangnya transparansi antara pemilik media sosial tersebut dengan para penggunanya. Media sosial tak lagi terpusat pada penggunanya. Sejak awal hingga sekarang, media sosial menggunakan para penggunanya, entah dari segi data, kontribusi mereka, dan sebagainya, demi keuntungan dan kepentingan perusahaan media sosial tersebut.

Facebook, siapa sih yang tidak tau facebook. dengan jutaan pengguna membuat facebook terus berkembang. kita mampu berjualan di marketplace /group. atau mengupload vidio jika banyak yang nonton dapat rewards seperti youtube.
namun, selain facebook banyak pula platform sosial media seperti facebook atau twitter.
TATA platform sosial media dari korea ini salah satunya. disana saat kita upload, like, view, comment atau interaksi lainnya akan mendapatkan token ACN.
dan masih banyak lagi platform sosial media sebenarnya, tak hanya seperti facebook dan instagram dan kawan kawannya. yang akun nya hanya membutuhkan email dan nomor telphone saja, berbeda dengan sosial media diplatform blockchain ini. data 99% aman. karna selain ada beberapa yang mewajibkan kita KYC (KNOW YOUR COSTUMER) dengan mengupload KTP atau passport.

Tentunya kita tau bahwa ketika bertemu orang orang disana bukanlah akun palsu atau fake. bahkan saat ini kebanyakan platform sosial media blockchain menggunakan Web3 DApps dan setiap kita beraktifitas koin atau hadiah langsung masuk ke dompet anda.

Sebenarnya masih banyak lagi hal hal yang berhubungan dengan aktivitas kita di media internet ini kita dibayar.

Dengan cara bekerja , jasa , berpartisipasi, sosialisasi bahkan kontribusi.
tapi kayaknya bakalan kepanjangan deh eheheheh...



Source : medium , steemit, digitals , hackernoon, twitter dan cointelegraph