Cara Memilih Niche Blog Potensial Untuk Blogger Pemula



   Cara Memilih Niche Blog Potensial Untuk Blogger Pemula  - Bingung milih niche?

Dulu--saat saya pertama kali memutuskan untuk ngadu nasib di online--masalah pertama yang dihadapi itu adalah:



Mau bahas apa sih blog nya? 


Ini bagus gak ya, atau yang itu aja ah, kayaknya bagus.. Eh, tapi takut gak laku ah. Kira2, ntar ada yang baca gak ya.. duh..

Mbulet aja gitu, blog nya gak mulai2 deh. :)). Ada yang sama?? Toss kalo samaan.. 

Pemilihan niche yang mau digarap itu, seperti nya jadi PR hampir semua publisher adsense di awal ya..

Tak jarang, pun setelah memutuskan milih Niche A, trus liat temen blognya lebih rame, dan earning nya lumayan, iman mulai goyah.. Duh salah milih niche nih. Coba dulu pilih yang itu. Ya udah, bikin lagi yang itu ah.. Oalah.. Ampun deh.. 😄🙊

Milih niche itu gampang2 susah ya. Trus gimana dong sebaiknya?

Buat yang lagi ngalamin masalah serupa, ini saran saya..

Tanyakan pada diri sendiri. Tujuan kamu bikin blog atau channel itu apa?

1. Karena hobby atau passion nya di niche itu.
2. Mau serius bisnis dan cari uang dr adsense.

Kalo jawaban kamu adalah poin 1, maka lanjutkan. Gak usah dulu mikir bakal rame atau gak, iklan nya mahal ato murah, dll. Lanjutkan, fokus saja membuat konten dan berbagi. 

Syukur2 hobby dan passion kamu itu niche yang mahal dan banyak orang yang nyari. Kalo pun gak, ya gpp. Uang akan datang pada blog/vlog milik org2 yang fokus pada hobby nya.

Karena awalnya program kemitraan google ini ditujukan buat orang2 seperti kamu. Google nebeng iklan di enthusiast blogger.

Lain cerita kalo kamu bikin blog memang buat mendulang $$ (poin 2). Maka jangan nanggung, kamu harus milih niche yang komersil. Dan pemilihan ini gak bisa berdasarkan intuisi atau kira2. Harus berdasarkan data empiris. Lakukan riset.

Pilih niche dengan CPC tinggi. Buat konten dengan keyword2 yang mahal. Bersiap untuk bersaing, karena maen di niche yang 'evergreen' kaya gitu pasti desek2an.

Tapi kalo mau agak lengang, pilih niche yang kompetisi nya standar atau tidak terlalu riuh. Tapi CPC nya tidak terlalu jelek juga, agar kamu bisa bikin konten dengan nyaman namun tetap menghasilkan earning yang lumayan.

Gak usah terlalu banyak mikir. Setiap niche yang kamu ambil pasti ada pasar nya. Dan keputusan yang kamu ambil ada konsekwensi nya. 

Mau niche yang cpc nya mahal, pasti banyak saingan. Ini mah udah hukum pasar. Kalo mau maen aman, pilih niche yang gak terlalu populer, tapi tetep bisa berpenghasilan.

Yang paling penting itu. Action!

Sebagus apapun Niche yang kamu pilih, kalau gak dijalanin yang gak bakalan dapet duit.

Bagaimana mencari niche yang mahal tapi kompetisi nya rendah? Adakah?

Ada.

Tentu saja kamu bisa melakukan riset di google dan melihat contoh blog-blog yang sudah terkenal.

Semoga bermanfaat ya guys...

🙏