5 Posisi Yang Ada Di Dota Yang Harus Kamu Tahu! Player Newbie Harus Baca Nih!!!



Jika kita membicarakan soal game pasti yang lagi booming game jenis moba yang banyak sekali dimainkan oleh banyak orang seperti Mobile Legend, AOV, Legend Of Legend, dan yang paling ngehitzz yaitu adalah Dota 2. Yup game yang dibuat oleh lord Gaben ini cukup sensional dengan kejuaraannya yang mempunyai hadiah tertinggi dari semua game! Gila kan?!

Nah, buat kamu yang lagi nyobain Dota 2 mending harus tahu dulu deh posisi yang ada di Dota 2 biar kamu gak dikatain NOOB nantinya!

Nah ini dia 5 Posisi Yang Ada Di Dota Yang Harus Kamu Tahu! Player Newbie Harus Baca Nih!!!

1 : Hard Carry


Ini adalah posisi dimana kamuu membutuhkan level maksimum dan goldd yangg bisa kamu dapat dari tim mu. Dengan pemikiran seperti ini hard carry membutuhkan item core dan bergantung pada level. Dan lagi,, kamu akan melihat hard carry dengan 1 atau 2 supports yang menjaga mereka sehingga mendapat keuntungan dalam last hit dan farm. Selain itu, merupakan bonus bila kamu bisa dapat kill dan menciptakan streak. Tujuan utama mu di posisi 1 ini adalah untuk farm atau nge kill musuh sebanyak yang kamu bisa jadi kamu bisa mengamankan mid game ataupun late game. Hard carry merupakan pahlawan di late game dan diharapkan bisa menciptakan damage yang besar baik itu ke heroes musuh ataupun tower

Tips: hindari overfarm dan pastikan kamu bergabung ke teamfight bila tim mu membutuhkan.

2 : Solo Mid


Kamu harus serba bisa bila menyangkut posisi 2. Lane yang paling sering di gunakan oleh posisi 2 adalah solo mid. Ini akan memerlukan gabungan antara farm yang baik, pergerakan dan kemampuan untuk menjaga lane tetap kuat. Tugasmu di sini adalah untuk memenangkan lane mu, meng kontrol rune, memiliki farm yang baik dan memiliki item inisiasi atau items yang memudahkan mu untuk kabur dari gank musuh. Posisi 2 bertugas meng carry tim saat posisi 1 sedang farming dan mencari core items mereka.
TIPS: Pastikan selalu memperhatikan lane tim mu, jika mempunya kesempatan gank maka lakukanlah. selalu laporkan bila mid musuh menghilang dari lane.

3 : Offlaner


Secara teknis kamu berada di lane yang paling sulit, posisi 3 biasanya 1 lane dengan musuh tri-lane (1 carry 2 support) karena itulah disebut juga dengan hardlane. Tujuan utama kamu di sini adalah bertahan hidup, mendapat gold jika ada kesempatan dan mendapat level sebanyak yang kamu bisa. Untuk posisi offlane, sangat di perlukan untuk menggunakan heroes tank atau yang mudah untuk melarikan diri agar bisa bertahan dengan gempuran dari tri-lane musuh.
Tips: Berada di hardlane bukan berarti kamu diperbolehkan untuk terus mati.

4 : Roaming Support,Semi Support / Jungler

Posisi ini akan mendapatkan beberapa item dan gold. Posisi 4 bertugas di trilane, dual lane atau di jungle. Dengan kata lain, tugas mu di sini adalah meng kontrol lane, gank dan membeli support item jika posisi 5 kesulitan untuk melakukannya. Biasanya, kamu akan melakukan pulling creeps untuk mu sendiri atau memberikannya kepada carry mu. Item build dari posisi ini juga berfokus di support seperti drums, mekansm, medalion, pipe atau dagger (tergantung hero yang di gunakan)
Tips: Roaming di saat yang tepat akan sangat membantu selalu berkomunikasi dengan tim mu, terutama dengan posisi 5 kalian harus bisa bersynergy.

5 : Hard / Pure support


Posisi 5 lebih cenderung melakukan semua support seperti membeli wards, smoke, dust atau TP biasanya posisi 5 lebih menjaga hard carry dalam melakukan farm dan mencegah musuh untuk mengganggu farming hard carry kita. Hard support menjadi tulang punggung tim pada early game karena merupakan sumber pengeluaran tim untuk membeli bermacam-macam kebutuhan support. Serta melakukan gank pada early game. Tipikal posisi 5 hanya memiliki boot, magic wand dan beberapa branches atau ranting dari early game sampai mid game. Hal penting yang perlu di realisasikan mereka memang tidak memiliki banyak gold dan level tapi bisa memberikan impact agar tim bisa menang jika bermain dengan benar.
Tips: Jangan ragu melakukan last hit creeps atau kill steal (KS)

- BONUS -

6 : Feeder
Posisi 6 ini sering sekali terjadi pada team dota 2,Di saat bermain solo / party.
Tips: Jangan ragu untuk melakukan tampol.


Jika kamu udah bisa menguasain posisi tersebut atau minimal salah satunya, dijamin deh kamu bakal jago dan bisa ikut Tournament yang bergensi, apalagi sekarang E-Sports itu banyak sekali dimana-mana ya kan?