7 Cara Mempersiapkan Liburan Untuk Diri Sendiri Secara Aman dan Menyenangkan!


7 Cara Mempersiapkan Liburan Untuk Diri Sendiri Secara Aman dan Menyenangkan! - Meski akan bepergian sendiri tanpa teman,
Liburan menjadi hal menyenangkan dan banyak diagendakan oleh orang-orang, terutama mereka yang telah bekerja dan sesekali perlu rehat sejenak dari kesibukan di kantor. Ada banyak destinasi liburan indah yang bisa dikunjungi setiap saat, baik itu yang berada di dalam negeri ataupun yang berada di negeri orang. Namun apapun destinasi pilihan kamu, semua ini tentu akan membutuhkan sejumlah biaya yang cukup banyak, tergantung fasilitas dan cara kamu menikmati liburan itu sendiri.

Cara kamu menikmati liburan akan sangat mempengaruhi budget liburan itu sendiri, sehingga sangat penting untuk mengatur segala sesuatunya sejak awal. Jangan sampai niat kamu untuk liburan dan menikmati hari yang santai, justru berujung dengan sejumlah masalah keuangan di kemudian hari. Jika ini yang terjadi, maka tujuan kamu berlibur akan gagal total dan membawa sejumlah masalah baru di kehidupan kamu. Pastikan kamu merencanakan liburan kamu dengan baik sejak awal, sehingga berbagai persiapan dan juga keuanganmu bisa sesuai dengan kebutuhan liburan tersebut.

Rencanakan dengan Matang Sejak Awal
Meski akan bepergian sendiri tanpa teman, liburan ini tetap harus direncanakan dengan baik sejak awal, terutama jika ini akan menjadi perjalanan yang terbilang cukup panjang. Rencana liburan yang baik bukan hanya akan membuat keuangan kamu tetap aman pasca liburan, namun akan sangat membantu kamu untuk mendapatkan liburan yang berkualitas dan lebih menyenangkan.

Jangan sampai kamu menjalani liburan yang buruk dan tidak berkesan, hanya karena tidak memiliki rencana perjalanan yang tepat. Bagaimanapun juga, tujuan kamu berlibur tentu untuk bersenang-senang, bukan?

Simak cara merencanakan liburan sendiri tanpa beban berikut ini, agar liburan kamu maksimal dan menyenangkan:

1. Pilih Destinasi yang Tepat


Memilih Destinasi Liburan

Ke mana kamu akan berlibur dan berapa lama? Kedua hal ini menjadi poin pertama yang wajib kamu pertimbangkan. Destinasi liburan memang memiliki andil yang cukup besar untuk menentukan kualitas liburan kamu, namun hal yang tak kalah pentingnya adalah menyesuaikan destinasi ini dengan budget yang kamu miliki. Jangan sampai kamu merencanakan liburan ke destinasi yang jauh dan membutuhkan banyak uang, sementara keuangan kamu tidak mendukung untuk hal tersebut. Jika ini yang terjadi, maka keuangan akan terbebani dengan sejumlah utang pasca liburan nanti.

Untuk memilih destinasi liburan terbaik, maka akan sangat tepat jika kamu melakukan survey terlebih dahulu. Bukan mendatangi lokasinya langsung, namun kamu bisa melakukan survey ini secara online dan cepat. Dapatkan informasi terkait dengan destinasi liburan yang kamu kunjungi, termasuk budget yang akan kamu butuhkan untuk perjalanan liburan ini.

Ada banyak situs perjalanan dan juga website sejenis yang bisa kamu kunjungi dengan mudah, sehingga kamu bisa leluasa menimbang dan memilih salah satu destinasi yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan serta keuangan kamu. Pastikan kamu mendapatkan informasi yang akurat dari situs-situs terpercaya.


2. Susun Agenda Perjalanan


Rencanakan Lliburanmu Sematang Mungkin

Jika telah memiliki destinasi pilihan, maka kamu bisa mulai mengatur agenda perjalanan kamu. Untuk hal ini, informasi yang kamu dapatkan secara online tersebut akan sangat membantu. Aturlah agenda perjalanan kamu dengan baik, termasuk pemilihan waktu dan juga transportasi yang akan kamu gunakan selama liburan nanti. Tentukan dan pilih juga penginapan yang akan kamu gunakan, termasuk budget yang akan butuhkan untuk semua akomodasi liburan tersebut.

Jangan lupa untuk menyesuaikan agenda kamu dengan berbagai lokasi wisata yang akan kamu kunjungi nanti, agar semua rencana tujuan perjalanan kamu bisa disesuaikan sejak awal. Jam buka / tutup serta modal transportasi yang akan kamu gunakan untuk menuju berbagai lokasi wisata ini juga sangat penting untuk disesuaikan dengan agendamu. Hal ini akan membantu kamu untuk bisa lebih mudah dan menyenangkan dalam menikmati liburan.

3. Hitung Budgetnya


Hitung Berapa Biaya yang Harus Dipersiapkan

Jika kedua poin di atas telah kamu lakukan dengan tepat, maka kamu bisa mulai menghitung budget liburan kamu. Lakukan hal ini dengan teliti, agar keuangan kamu tidak bermasalah setelah pulang liburan nanti. Setidaknya, kamu harus memasukkan beberapa komponen penting ini dalam budget liburanmu:

Biaya tiket.
Biaya hotel.
Biaya makan selama liburan.
Belanja dan oleh-oleh.
Transportasi selama berlibur.
Masuk lokasi wisata.
Biaya tidak terduga.
Pastikan semua biaya tersebut kamu masukkan ke dalam budget liburanmu, agar kamu bisa mempersiapkannya dengan baik sejak awal. Beberapa biaya mungkin saja mengalami kenaikan, terutama jika kamu masih akan menjalani liburan beberapa waktu ke depan. Untuk itu, kamu bisa menambahkan komponen biaya tak terduga ini dalam porsi yang cukup besar (misalnya 20% dari total biaya).

4. Pesan Tiket dan Atur Perjalanan Jauh-Jauh Hari


Pesan Tiket Pesawat dari Jauh sebelum Tanggal Keberangkatan

Saat rencana liburan telah fix dan diatur dengan baik, maka tidak ada salahya untuk membeli tiket perjalanan kamu. Memesan sejak jauh-jauh hari, akan memungkinkan kamu untuk mendapatkan penawaran harga terbaik dari maskapai penerbangan. Bukan hanya itu saja, kamu juga memiliki kesempatan yang lebih luas untuk memanfaatkan event promo atau potongan harga lainnya yang diberikan oleh maskapai penerbangan.

Hal yang sama juga bisa kamu lakukan ketika memesan hotel. Pastikan kamu memilih waktu terbaik saat melakukan pemesanan, sehingga kamu bisa mendapatkan harga paling murah dan ramah di kantong. Beberapa hotel juga menyediakan voucher atau potongan harga pada waktu-waktu tertentu, dan kamu bisa memanfaatkan itu untuk menghemat biaya perjalanan liburan ini.

Kamu juga bisa memanfaatkan kartu kredit kamu untuk pembelian tiket dan juga pemesanan hotel ini, terutama jika ada kerja sama dengan bank penerbit dan bisa memberikan kamu potongan harga yang menarik.

5. Siapkan Dana Cadangan


Jangan Lupa untuk Selalu Menyiapkan Dana Darurat.
Meski budget liburan telah diatur dengan baik, sangat penting bagi kamu untuk memiliki sejumlah dana cadangan dalam perjalanan ini. Siapkan sejumlah dana cadangan untuk liburan, agar keuangan tidak terganggu setelah masa liburanmu usai nanti.

Selalu ada kemungkinan kamu mengeluarkan lebih banyak uang, di luar rencana budget liburan yang telah kamu susun sebelumnya. Hal seperti inilah yang akan kamu atasi dengan sejumlah dana cadangan ini, sehingga keuangan kamu tidak akan terganggu akibat adanya pembengkakan biaya liburan tersebut.

Kamu bisa menyiapkan dana cadangan ini dalam jumlah tertentu dan memisahkannya dalam rekening khusus yang tidak akan tercampur dengan dana liburan kamu. Hal ini akan mempermudah kamu dalam mengelola dana cadangan ini dan mencegah kamu untuk menggunakannya dengan sengaja (ketika tidak terlalu dibutuhkan).

6. Makan dan berbelanja dengan bijak


Selama liburan, orang selalu memiliki kecenderungan untuk lebih gampang membelanjakan uang mereka, bahkan untuk hal-hal yang tidak begitu perlu. Hindari hal seperti ini, sebab bisa saja membuat pengeluaran liburan membengkak dari budget awal.

Makan dan belanjalah dengan bijak, sebagaimana ketika kamu belanja biasa (tidak liburan). Hal ini akan membantu kamu menghemat banyak uang dan mencegah berbagai pengeluaran yang tidak begitu penting di dalam perjalananmu.

Selain itu, kontrol juga diri kamu saat akan membeli oleh-oleh, mengingat sebagian besar orang sering kalap ketika berbelanja hal yang satu ini. Pastikan kamu membeli oleh-oleh dalam batas yang wajar saja dan tidak berlebihan. Cari dan pilih tempat / pusat oleh-oleh yang murah dan lengkap, sehingga kamu tidak perlu membuang banyak waktu untuk mendatangi beberapa toko oleh-oleh untuk keperluan yang satu ini.

7. Tetap konsisten pada budget awal


Pastikan kamu tetap hemat dan konsisten pada budget awal yang telah kamu susun, agar keuanganmu tetap aman dan bebas beban setelah liburan. Hal ini juga akan memungkinkankamu untuk memiliki perjalanan liburan yang lebih berkesan dan menyenangkan, mengingat kamu bisa menjalaninya sesuai dengan rencanamu sejak awal.