Syarat & Cara Mudah Mendaftar Kartu Prakerja Terbaru 2021



Syarat & Cara Mudah Mendaftar Kartu Prakerja Terbaru 2021 - Hari ini pada tanggal 11 April 2020 Pendaftaran Kartu Prakerja telah dibuka untuk umum!! Seperti yang sudah kalian dengar bahwa kartu prakerja ini diperuntukan untuk pengangguran, korban PHK karena Convid-19, serta untuk pengusaha kecil.

Syarat untuk memperoleh kartu prakerja adalah Warga Negara Indonesia, usia minimal 18 tahun dan sedang tidak mengikuti pendidikan formal.  Kartu Prakerja adalah program bantuan biaya pelatihan untuk meningkatkan kompetisi kerja, bukan untuk menggaji pengangguran.

Berdasarkan informasi yang saya terima dari pihak Project Management Office (PMO) program kartu prakerja, ada 3 tahapan yang harus kamu lewati agar bisa mendapatkan kartu Prakerja, yaitu:

1. Membuat Akun Prakerja.


- Masuk dulu kesitus Prakerja.go.id



- Lalu ada disana menu untuk mendaftar, lalu kliklah. Kemudian bakal muncul kolom email dan kata sandi, lalu isilah dengan benar.

- Kemudian kamu akan dimintak untuk memeriksa email yang masuk, lalu klik verifikasi seperti gambar dibawah ini:

- Lalu setelah itu kamu kembalilah ke situs Prakerja lagi, lalu loginlah.




2. Isi Data Dirimu


- Setelah masuk dengan akun yang sudah kamu buat, lalu kamu akan dimintak untuk mengisi data diri kamu.

- Masukanlah No KTP dan tanggal lahir kamu, lalu klik berikutnya.

- Isi data diri dengan lengkap formulir kartu pra kerja (nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP), lalu klik “Berikutnya”.

- Setalah itu masukan no telepon kamu, nanti akan ada sms yang masuk berupa kode OTP, kemudian masukin lah kode OTP tersebut.



3. Ikuti Tes


- Tahap berikutnya kamu harus ikut tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit, untuk jaga-jaga siapkanlah alat tulis kamu.

- Lalu tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes.

- Setelah mendapat email pemberitahuan, kembali ke situs dan gabung ke gelombang pendaftaran.


 - Kemudian kamu tinggal menunggu notifikasi dari pihak Prakerja bahwa kamu diterima atau tidak.


Program kartu Prakerja ini ditargetkan untuk 5,6 juta peserta pada tahun 2020. Para peserta yang terdaftar akan menerima bantuan uang yang akan diterima peserta bertahap dari sebelum hingga pelatihan kerja selesai dilakukan. Tranfer dana dilakukan via e-wallet yang nanti bisa didapatkan peserta.

Akan tetapi kamu hanya bisa mendapatkan bantuan ini sekali seumur hidup, makanya jika kamu lulus pilihlah pelatihan yang cocok sesuai passion kamu agar tidak menyesal ya.

Berikut rincian manfaat program Kartu Prakerja, yakni ebesar Rp3.550.000,- terdiri dari bantuan pelatihan sebesar Rp1.000.000,- dan insentif paska pelatihan sebesar Rp600.000,- per bulan (untuk 4 bulan). Lalu peserta Kartu Pra kerja 2020 juga akan menerima insentif survei kebekerjaan sebesar Rp50.000 per survei untuk 3 kali survei atau total Rp 150.000 per peserta. [KM-01].


Semoga berhasil ya teman-teman...