Kisah Lilith istri pertama Adam sebelum Hawa dalam mitologi Yahudi Sumeria






Kisah Lilith istri pertama Adam sebelum Hawa dalam mitologi Yahudi Sumeria - Semua dari kita pasti sudah tahu bahwa Hawa adalah istri dari Adam yang merupakan manusia pertama di bumi ini. 

Namun, menurut versi orang Yahudi Sumeria, Hawa bukan merupakan istri pertama dari Adam. Lantas siapakah istri pertama Adam yang di maksud orang Yahudi Sumeria? Untuk lebih lengkapnya, baca artikel ini sampai habis ya!

Dalam cerita Yahudi Sumeria kuno, Lilith ialah istri pertama dari Adam. Dalam kisahnya di ceritakan bahwa Lilith ini menolak tinggal di surga karena alasan tertentu dan jatuh cinta kepada raja iblis, sehingga ia di juluki ibu dari segala anak anak iblis. 

Dalam ajaran agama samawi seperti Islam dan Kristen, sosok Lilith ini sangat bertentangan karena semua ajaran samawi tersebut meyakini bahwa Hawa adalah Istri pertama dari Adam.

Menurut kitab abad pertengahan yang berjudul 'Alphabet of ben Sirach' yang di tulis pada tahun 700 SM mengatakan asal-usul Lilith ini diciptakan setara dengan Adam yaitu sama-sama berasal dari tanah dan bukan dari tulang rusuk Adam seperti Hawa.

Jika ada yang bertanya, mengapa Lilith menolak surga dan dekat dengan raja Iblis? Suatu hari, Adam meminta Lilith di posisi bawah sebelum melakukan hubungan s*ks. Namun, Lilith menolak  posisi bawah karena dianggap hina dan tidak sederajat oleh Lilith. Lilith hanya mau melakukan hubungan s*ks dengan Adam jika ia berada di posisi atas.

Namun, entah bagaimana caranya, suatu hari Adam berhasil menyetubuhi Lilith hingga hamil. Marah akan hal itu, Lilith pergi meninggalkan Adam dan keluar dari surga.

Lilith yang keluar dari surga menetap dan tinggal disekitar laut merah. Adam yang merasa sendirian, meminta bantuan kepada tuhan agar dipertemukan kembali dengan Lilith. Akhirnya tuhan mengabulkan permintaan Adam dan mengirim tiga malaikat untuk menjemput kembali Lilith.

Sesampainya malaikat di tempat Lilith, Lilith menolak ajakan malaikat untuk kembali ke surga dan bertemu dengan Adam. Marah akan hal itu, malaikat mengancam akan membunuh setiap anak lilith satu persatu.

Ancaman tersebut dibalas dengan angkuh oleh Lilith dengan mengatakan :  

'Tidak tahukah kalian kalau aku diciptakan untuk membawah penyakit mematikan pada anak anak manusia. Setiap bayi laki laki yang dilahirkan, aku berkuasa atas hidupnya selama 8 hari dan untuk bayi perempuan aku berkuasa atas dirinya selama 20 hari".

Akhirnya ketiga malaikat itu pulang setelah Lilith mengatakan hal itu.

Itulah sebabnya, bayi yang lahir dalam tradisi agama yahudi, harus disunat ketika umur mereka genap 8 hari. Di masa hari hari tersebut, konon roh jahat dari Lilith akan menebarkan wabah penyakit bagi bayi yang baru lahir.

Dalam manuskrip kepercayaan Sumeria kuno, dijelaskan bahwa Lilith ini ialah roh jahat yang suka memangsa laki-laki.

Untuk perempuan, roh Lilith ini menjadi momok menakutkan bagi mereka yang akan bersalin, karena dipercaya Lilith akan menghisap jiwa bayi dalam kandungan. 

Sosok Lilith ini digambarkan berwujud perempuan berkepala singa dengan rambut yang penuh ular, kedua payudaranya menyusui babi dan anjing dan diantara kedua kakinya hidup ratusan kalajengking.

Versi cerita lain tentang Lilith  digambarkan berasal dari bangsa Nimfe (Sejenis roh dan bidadari).

 Sosoknya sebagai wanita cantik telanjang yang memiliki sayap dan tanduk dikepalanya.

Gimana nih menurut pendapat kalian, percaya atau tidak? 

Itu tadi sedikit kisah tentang Lilith istri pertama Adam sebelum Hawa. Semoga info ini bisa menambah wawasan anda dan jika kalian suka dengan ini.

Sumber : 

1. Dede nana. 2019. Versi kuno Lilith. Malang times. com | Diakses pada 4 Agustus 2020 pukul 5.13 WITA

2. Martin Steve. 2017. Wanita yang terbang dalam kegelapan. Martin records. com | Di akses pada 4 Agustus 2020 pukul 5.18 WITA